Google Doodle Hari Ini Memperingati Hari Lahir Affandi

Berita, Teknologi 0
Potret Diri Affandi

Potret Diri Affandi

Cikancah-Cyber – Hari ini Senin, (1/5/2017) secara Internasional Google Doodle memperingati Hari Buruh Internasional, namun Google juga mengingatkan kita pada Affandi Koesoema seorang tokoh dan seniman ternama Indonesia. Karya Affandi pun muncul sebagai Doodle di halaman utama Google Indonesia.

Hari ini merupakan ulang tahun kelahiran Affandi yang ke-110. Terlahir dengan nama Affandi Koesoema, di Cirebon Jawa Barat 1 Mei 1907. Affandi tak lain adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia. Affandi tidak hanya tersohor di Indonesia saja karena lukisannya. Affandi juga dikenal sebagai pegiat seni lukis di India, Inggris, Eropa dan Amerika Serikat. Maklum Affandi merupakan pelukis Indonesia pertama yang menggelar pameran tunggal di Eropa tahun 1950-an setelah masa kemerdekaan.

Affandi diketahui belajar melukis secara otodidak. Gaya lukisan ekspresionisnya dianggap mirip dengan seorang pelukis Belanda, Vincent Van Gogh. Affandi termasuk pelukis aktif dan produktif. Tercatat lebih dari dua ribu karya ia buat. Untuk menciptakan sentuhan tersendiri dalam lukisannya, Affandi tidak jarang menggunakan jari sebagai kuas.

Awal kariernya Affandi bergabung dengan komunitas pelukis ‘Lima Bandung’ tahun 1930-an. Affandi menggelar pameran tunggal pertamanya di Jakarta di Gedung Poetoera Djakarta tahun 1943 saat pendudukan tentara Jepang di Indonesia.

Berkat karyanya, Potret Diri Affandi diabadikan dalam perangko Indonesia seri Seniman Indonesia tahun 1997. Dan gambar dalam perangko itu, hari ini muncul pada Google Doodle.

Karya lainnya yang terkenal dari Affandi adalah poster propaganda di masa kemerdekaan. Dia menggambarkan seorang pemuda yang memutuskan rantai belenggunya sembari mengepalkan tangan dan memegang bendera Merah Putih. Di lukisan itu tertulis kata ‘Boeng Ajo Boeng’. Belakangan diketahui lukisan itu merupakan permintaan Presiden Soekarno melalui penyair Chairil Anwar.

Banyak penghargaan yang didapat oleh Affandi, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya Bintang Utama Jasa 1978. Bahkan Chairil Anwar pun pernah menghadiahkan sebuah sajak (puisi) khusus yang berjudul ‘Kepada Pelukis Affandi”.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply