INILAH TIGA LANGKAH ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS RANSOMWARE BERNAMA WannaCry

Berita, Nasional 0
TIGA LANGKAH ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS RANSOMWARE BERNAMA WannaCry

Ilustrasi

Cikancah-Cyber – Dunia maya dihebohkan dengan muculnya virus jahat dan sangat berbahaya yang sudah menyebar di seratus negara termasuk Indonesia dengan korban beberapa Rumah Sakit di Jakarta. Nah untuk hari Senin besok Menkominfo menginstruksikan ada Tiga langkah yang bisa diambil untuk meminimalisir komputer atau data kita terjangkit virus Ransomware tersebut.

Berikut Tiga Langkah Yang Harus Dilakukan :

PERTAMA :

Matikan Jaringan WiFi atau cabut koneksi kabel LAN di kantor/tempat anda bekerja. Pasalnya WannaCry ini tersebar tak seperti ransomware lain yang butuh interaksi dengan pengguna lewat phising e-mail, namun ketika salah satu komputer terjangkit virus, maka semua komputer dalam satu jaringan LAN dan server kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

KEDUA :

Lakukan backup data lewat sistem operasi non-Windows. Adi Jaelani dari ID-SIRTII menyarankan agar back up dilakukan melalui sistem operasi Linux atau dengan sistem operasi Ubuntu. Caranya kita harus terlebih dahulu mengunduh Ubuntu atau Linux dari perangkat lain lalu masukkan ke hard disk atau flash disk.Selanjutnya sambungkan hard disk atau flash disk tersebut ke komputer Windows dan pilih untuk beralih sementara saat menghidupkan komputer.  Setelah proses itu berakhir, kembali lagi ke sistem operasi Windows.

KETIGA :

Matikan SMB service dan blok port/protocol. Caranya : masuk ke Control Panel – Advance Setting – Protocol and port, lalu ketikkan ‘139.445.139’ untuk memblokir alamat IP tersebut.

Adi Jaelani pun menganjurkan sebaiknya namai pemblokiran itu sebagai ‘ransomware’ supaya kalau sudah ada antivirus bisa langsung dihapus blokirnya.

Setelah diblokir alamat IP-nya, ransomware WannaCry akan kehilangan fungsi lengkapnya. Segera setelah ada solusi tepat untuk WannaCry, pemblokiran alamat IP bisa dihapus untuk mengembalikan fungsi seperti semula.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply