Kapan Awal Puasa Ramadhan 2017?

Berita, Nasional 0
Awal Puasa 2017

Awal Puasa 2017

Cikancah-Cyber – Marhaban ya Ramadhan, selamat datang Ramadhan. Kapan sebenarnya awal Ramadhan 2017? Perbedaan awal Ramadhan dan Idul Fitri kerap kali terjadi di Indonesia. Bagaimana untuk tahun ini? Akankah berbeda kembali?

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), tahun 2017 awal bulan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha kemungkinan besar akan sama.

Posisi bulan di langit saat awal bulan komariah pada tahun tersebut cukup mendudkung keseragaman hari-hari penting bagi umat islam. Posisi bulan di luar 0-2 derajat, jadi ramadhan dan Idul Fitri akan sama.

Ada dua cara penetapan awal puasa dan lebaran (Idul Fitri) :

Cara pertama dengan menggunakan perhitungan astronomi saja dan cara kedua disertai dengan pengamatan secara langsung. Ada dua syarat sehingga hilal-bulan sabit sangat tipis yang menandakan awal bulan komariah dinyatakan syah dan bisa jadi tanda awal bulan.

Yang Pertama : hilal harus cukup tebal dan menonjol di tengah cahaya senja.

Yang Kedua : hilal harus cukup tinggi sehingga cahayanya tidak pudar karena pengarus matahari senja.

Adanya perbedaan yang muncul karena posisi bulan antara 0 – 2 derajat sehingga tidak bisa teramati secara langsung perhitungan astronomis sudah menunjukkan hilal tampak.

Awal Ramadhan 2017, posisi bulan diperkirakan sudah pada ketinggian 7 – 8 derajat dari ufuk sehingga akan mudah terlihat. Sementara, saat Lebaran, ketinggian diprediksi 2-3 derajat.

Namun demikian, kita tunggu saja pemberitahuan dari pemerintah tentang kapan awal Ramadhan tahun 2017 ini. Sampai hari pemerintah belum melakukan sidang Isbat penentu awal Ramadhan. Rencananya sidang Isbat akan dilakukan Jumat malam 27/5/2017. Kita tunggu saja.

Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan bagi yang menjalankannya.

 

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply