Kuliner Unik ‘Walang Goreng’ Khas Gunung Kidul

Kuliner, Makanan 0
Walang Goreng Ala Gunung Kidul Yogyakarta

Walang Goreng Kuliner Eksotis Ala Gunung Kidul Yogyakarta

Cikancah-Cyber – Ada yang menarik sepanjang jalanan menuju destinasi wisata Goa Pindul di Gunung Kidul. Berjejer sepanjang jalan yang menjajakan jajanan kuliner khas yang bagi sebagian orang terasa aneh dan asing. ‘Walang Goreng’ begitu mereka¬†menainya. Walang merupakan istilah lain dari belalang.

Sebagaimana kita ketahui Walang atau belalang merupakan jenis serangga yang menjadi hama pada tanaman budidaya terutama padi. Mungkin di daerah lain, walang bukanlah hewan yang lazim untuk diolah untuk menjadi sebuah makanan yang lezat. Namun bagi warga masyarakat Gunung Kidul walang telah lama dijadikan sebagai lauk makanan.

Walang adalah hewan yang kaya akan protein. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat siapaun akan ketagihan dengan walang goreng ini. Sebagian besar orang yang pernah mencicipi walang goreng mengatakan bahwa rasanya hampir mirip dengan rasa udang.

Walang yang diolah masyarakat Gunung Kidul adalah jenis walang kayu. Walang ini banyak hidup didahan dan daun pohon jati dan semak belukar yang banyak tumbuh di kawasan Gunung Kidul. Walang oleh masyarakat Gunung Kidul merupakan makanan yang eksotis.

Panganan ini akan banyak ditemui dibeberapa titik di Gunung Kidul, terlebih di ruas jalan menuju obyek wisata seperti Goa Pindul. Dan bila tertarik untuk mencicipinya, dapat membelinya dengan harga 20.000/toples. Menurut para penjajanya, ada dua pilihan rasa yang biasa ditawarkan untuk olahan walang goreng ini. Rasa gurih (original) dan pedas manis.

Menurut bebebrapa sumber, untuk menggoreng walang bumbu yang digunakan sangatlah sederhana, yakni bawang putih, ketumbar, dan garam. Untuk rasa pedas manis maka cukup ditambahkan cabai. Sebelum digoreng walang dibersihkan terlebih dahulu terutama kotoran yang ada dalam tubuh walang tersebut. Semua bagian walang dapat disantap termasuk kepala dan kakinya.

Namun bagi yang alergi dengan makan berprotein tinggi ini, maka sebaiknya berhati-hati karena dapat menyebabkan gatal-gatal. Selamat mencoba.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply