Mengenal Zaha Hadid yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Teknologi 0
Hadid Sosok Arsitek Muslim yang Disegani Dunia

Zaha Hadid Sosok Arsitek Muslim yang Disegani Dunia

Cikancah-Cyber – Hari ini Google memasang Doodle untuk menghormati arsitek Zaha Hadid, yang menarik perhatian dunia karena menjadi wanita pertama yang memenangkan Pritzker Architecture Prize di tahun 2004. Dia juga wanita pertama yang mendapatkan penghargaan Royal Gold Medali oleh Royal Institute of British Architects.

Lahir di Irak pada tahun 1950, Hadid belajar tentang seni dan arsitektur abstrak di Architectural Association di London. Di sana, dia menemukan inspirasi dalam bentuk yang tidak konvensional. Doodle hari ini menemukan inspirasi dalam sketsa energik Hadid, yang mengeksplorasi bentuk dan fungsi.

Hadid memecahkan landasan baru pada arsitektur modern dengan menggunakan pemandangan sekitarnya untuk membangun inspirasi. Garis lurus dan sudut tajam Stasiun Api Vitra di Jerman terinspirasi oleh kebun anggur dan lahan pertanian terdekat, sementara atap London Aquatic Centre membentuk gelombang. Anda dapat melihat London Aquatic Centre dan beberapa karya mengesankan lainnya dari Hadid di pameran interaktif Google Earth.

Pusat Haidar Aliyev, yang digambarkan dalam doodle hari ini, membedakannya dengan struktur seperti blok yang mengelilinginya di Baku, Azerbaijan. Pada saat bersamaan, pusat kebudayaan ini mendapat inspirasi dari desain sejarah Islam yang ditemukan dalam kaligrafi dan pola geometris untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.

Bangunan itu mengambil bentuk terbuka untuk mengundang publik datang. Pusat ini telah menjadi tuan rumah seni modern oleh Andy Warhol dan Tony Cragg, dan pertunjukan kelas dunia dari Kitaro dan Alessandro Safina.

Dalam karya awalnya, Hadid memvisualisasikan proyeknya melalui lukisan yang menyerupai seni modernis abstrak. Dia terkenal berkata, “Ada 360 derajat, jadi mengapa menempel pada satu?” Anda dapat menjelajahi beberapa konsep awal ini – termasuk melalui kenyataan maya – di Google Cultural Institute.

Hari ini kita merayakan kontribusi Dame Zaha Hadid selama hidupnya dalam dunia arsitektur. Terima kasih, Dame Zaha Hadid, atas semua yang telah Anda lakukan dalam pelayanan seni dan budaya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply