Menu Fenomenal ‘Nasi Kucing’ Angkringan

Kuliner, Makanan 0
Angkringan

Angkringan

Cikancah-Cyber – Tidak pernah ada hentinya kalau bicara tentang kota Yogyakarta. Yogyakarta selalu menawarkan keramahan disetiap sudut kotanya. Selain keindahan wisatanya, masyarakatnya yang santun serta kulinernya yang menarik selalu membawa kita ingin kembali ke kota ini. Liburan akan semakin lengkap dengan mencoba nongkrong ala Jogja yang memang istimewa.

Tempat nongkrong yang istimewa itu yakni angkringan. Angkringan merupakan ikon kuliner Jogja berupa gerobak sederhana beratap terpal plastik. Lazim digunakan untuk mengangkut aneka makanan dan minuman. Menu di angkringan ada nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan dan wedangan.

Ada satu menu yang menjadi ikon angkringan, yaitu Nasi Kucing. Orang Jogja biasa menyebutnya dengan nama ‘Sego Kucing’. Mengapa disebut Sego Kucing? Karena nasi yang dibungkus daun pisang dan kertas itu hanya sekepalan nasi dengan secuil oseng tempe atau teri, dengan porsi yang kecil.

Jangan tanya soal harga, karena benar-benar bikin kantong kita aman. Sangat terjangkau untuk mencicipi menu fenomenal ini. Menu angkringan terkenal sebagai menu makan murah. Awalnya menu angkringan merupakan menu sahabatnya mahasiswa. Tapi ternyata peminant angkringan bukan hanya mahasiswa saja. Anak-anak sekolah, tukang bangunan, artis bahkan para pejabat.

Angkringan merupakan tempat yang asyik untuk ngobrol atau diskusi semalaman dengan ditemani segelas kopi jos. Tidaklah heran meskipun cafe-cafe menjamur, angkringan tetap bertahan dan bahkan menjadi semacam simbol kebersahajaan Yogyakarta.

Angkringan adalah kuliner legendaris Yogyakarta. Pokoknya, jalan-jalan ke Yogyakarta tidak akan afdol kalau tidak nongkrong di angkringan semalaman.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply