Pemerintah Putuskan Bubarkan Hizbut Tahrir Indonesia

Berita, Nasional 0
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto

Cikancah-Cyber – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengumumkan pembubaran dan melarang kegiatan organisasi masyarakat (Ormas)  Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Keputusan ini disampaikan usai rapat terbatas tingkat menteri di jajaran Kemenko Polhukam.

Keputusan pembubaran ini diambil setelah Presiden Joko widodo meminta ormas yang bertentangan dengan Pancasila untuk dikaji keberadaannya. Menko Polhukam Wiranto kemudian mengumpulkan seluruh pimpinan instansi terkait guna membahas lebih dalam hal tersebut.

Kemudian dilakukan finalisasi proses pengkajian terhadap HTI. Seluruh ormas di Indonesia harus berada dalam koridor hukum, baik tujuan, ciri, dan asas yang bermuara pada ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Dalam keputusan tersebut, Menko Polhukam Wiranto memaparkan tiga alasan pemerintah dalam membubarkan Ormas HTI.

Pertama, sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional.

Kedua, kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Ketiga, aktifitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply