Pengertian dan Jenis-Jenis Modus

Bahasa 0
Pengertian dan Jenis-jenis Modus

Pengertian dan Jenis-jenis Modus

Cikancah-Cyber – Modus, secara linguistik adalah bentuk verba yang mengungkapkan suasana kejiwaan dengan perbuatan menurut tafsiran pembicara tentang apa yang diucapkannya. Pengertian modus yang lain adalah cara. Adapun jenis-jenis modus itu, adalah :

Modus Desideratif

Modus Desideratif adalah modus yang menyatakan keinginan.

Modus Imperatif

Modus Imperatif adalah modus yang digunakan untuk memberikan perintah atau permintaan, dan mempertegas suatu kemauan, serta menyatakan larangan. Modus ini biasanya digunakan untuk mempengaruhi seseorang.

Modus Introgatif

Modus Introgatif adalah modus yang menyatakan pertanyaan.

Modus Indikatif

Modus Indikatif adalah modus yang menyatakan sikap objektif atau netral menegaskan aktualitas, kepastian, atau realitas tindakan dari sudut pandang pembicara. Modus ini terdiri dari pernyataan fakta, tetapi juga dapat digunakan dalam kalimat pertanyaan atau negatif.

Modus Operandi

Modus Operandi adalah modus yang digunakan oleh penjahat untuk melakukan tindakan pidana. Dalam kasus-kasus pidana, sebelum melakukan penangkapan atau penyergapan aparat hukum akan meneliti modus operandi dari penjahat yang diincarnya untuk memudahkan proses penangkapan. Modus operandi sifat berulang-ulang.

Modus Optatif

Modus Optatif adalah modus yang menyatakan harapan agar suatu tindakan itu bisa tercapai walaupun kepastiannya diragukan. Modul ini juga bisa digunakan untuk menyatakan yang lebih tak tentu.

Modus Vivendi

Modus Vivendi adalah modus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah untuk sementara, penyelesaian kesulitan sementara, persetujuan sementara, dan jalan tengah.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply