Perangi Konten Kekerasan, Facebook Rekrut 3.000 Pegawai Baru

Teknologi 0
Tim Review Facebook

Tim Review Facebook ditambah

Cikancah-Cyber – Untuk mengantisipasi semakin maraknya konten berbau kekerasaan muncul di Facebook, terutama lewat fitur tayangan langsung Facebook Live. Mulai dari pemukulan, penembakan, hingga pembunuhan dipertontonkan di depat mata ribuan pengguna. Sebab itu, facebook berencana merekrut 3.000 orang tambahan untuk membantu mengawasi aneka posting yang diunggah miliaran pengguna.

Menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam postingan beberapa waktu mengatakan, “Kalau ingin mebangun komunitas yang aman, kami harus bertindak cepat”.

“Kami berupaya membuat video-video (berisi kekerasan) ini lebih mudah untuk dilaporkan supaya lebih cepat ditindak entah untuk membantu orang yang butuh bantuan (misalnya hendak bunuh diri) atau menghapus posting yang bersangkutan”, imbuhnya lebih lanjut.

Menurut rencana sebanyak 3.000 orang itu akan ditambahkan ke tim Review Facebook, yang sekarang beranggotakan 4.500 orang. Tugas mereka mengawasi semua konten yang beredar di jejaring sosial tersebut. Tidak hanya mengawasi video saja.

Tim Review pada konten Facebook kebanyakan merupakan tenaga kontrak yang berlokasi dari luar negeri seperti India dan Filipina.

Facebook banyak mendapat kritik, karena dianggap lamban bereaksi dalam menangani konten-konten terlarang. Rekaman video yang berisi kekerasan sampai bisa berjalan berjam-jam sebelum akhirnya dihapus.

‘Facebook Live’ merupakan salah satu fitur facebook yang menjadi sumber keprihatinan. Facebook Live diluncurkan sejak tahun lalu. Namun setelah peluncuran sudah sekitar 50 aksi kriminal atau insiden kekerasan yang ditayangkan secara langsung lewat Facebook Live.

Banyak aksi kekerasan  yang tayang langsung. Dan kasus serupa pernah terjadi di Indonesia. Kasus seorang pria menggantung diri dan disiarkan langsung di Facebook. Begitu pula di negara lain seperti di Thailand. Semoga dengan bertambahnya tim Review akan menghilangkan konten berbau kekerasan yang tayang secara live di Facebook.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply