Sebanyak 4,2 Juta Pelajar Ikut UN SMP

Mendikbud Muhadjir Effendy

Mendikbud Muhadjir Effendy

Cikancah-Cyber – Mulai hari ini Selasa, 2 Mei 2017, sebanyak 4.205.337 pelajar dari 56.194 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Tanah Air mengikuti Ujian Nasional (UN).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengharapkan, UN SMP dapat berjalan dengan baik. Jauh dari praktik-praktik kecurangan. Mendikbud juga mengatakan UN tidak lagi mempengaruhi kelulusan, tetapi nilai UN dilampirkan dalam surat keterangan capaian siswa bersifat sertifikat.

“Oleh karena itu, kami berharap para pelajar tetap bersungguh-sungguh mengikuti UN,” harap dia seperti dikutip Kompas.

Mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (PA).

Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP dilakukan dengan dua tahap yakni tahap pertama pada 2 Mei hingga 8 Mei dan tahap kedua pada tanggal 9 Mei hingga 16 Mei.

Sebanyak 56.194 sekolah tersebut, terdiri dari 45.098 yang menyelenggarakan Ujian  Nasional (UN) berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan 11.096 sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Menurut data, hanya ada dua provinsi yang menyelenggarakan Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara keseluruhan yaitu Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi DI Yogyakarta.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply