Sesepuh Jabar Aboeng Koesman Somawidjaja Tutup Usia

Berita, Lokal, Nasional 0
Pemakaman Aboeng Koesman Somawidjaja

Pemakaman Aboeng Koesman Somawidjaja

Cikancah-Cyber – Warga Jawa Barat kini sedang berduka. Penyebabnya, karena sesepuh Sunda Aboeng Koesman Somawidjaja meninggal dunia, Sabtu 27/5/2017 pukul 22.30 dalam usia 92 tahun. Aboeng Koesman Somawidjaja merupakan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat era Aang Kunaefi.

Selain mantan Wakil Gubernur, Aboeng Koesman Somawidjaja merupakan mantan Bupati Kota Cirebon. Ia meninggalkan isteri Siti Hadijah dan tujuh orang anak.

Aboeng Koesman Somawidjaja dilahirkan di Garut pada tanggal 24 April 1925. Sebelum menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat, Aboeng Koesman Somawidjaja pernah menduduki Bupati Kota Cirebon pada tahun 1972-1982. Almarhum juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Paguyuban Pasundan sampai dengan tahun 2000 dan Ketua Yayasan Pasundan selama dua periode.

Adapun karier di militer Aboeng Koesman Somawidjaja dimulai pada Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan Tentara Rakyat Indonesia (TRI).

Beliau juga pernah menjabat Pa/Dan POMDAN II/Bukit Barisan Medan serta Pa/Dan POMKOADAIT di Makasar. Suami dari ibu Hj. Siti Hafijah dan Bapak dari 4 putera dan 3 puteri ini juga pernah menjabat sebagai Pa/Dan POMDAN III/Siliwangi di Bandung dan Pa/Dan DAN PUSDIKPOM di Cimahi.

Sosok almarhum adalah panutan bagi semua PNS di Jabar karena memiliki integritas tinggi. Bekerja secara lurus sehingga jadi panutan.

Menurut informasi putra ke empat almarhum, almarhum memang sudah menurun kesehatannya dan sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Namun Jumat (26/5) kondisinya semakin melemah, bolak-balik rumah sakit. karena cukup parah.

Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung dengan menggunakan upacara militer.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply