Situs Berita Media Tempo Diretas

Teknologi 0
Pembobolan Situs Tempo

Pembobolan Situs Tempo

Cikancah-Cyber – Peretasan kembali terjadi. Kini giliran situs berita Tempo.co yang menjadi sasaran peretasan dan mengalami deface atau halaman muka yang diubah pada Kamis (11/5/2017)

Pada saat tampilan deface, situs Tempo.co menunjukkan tampilan berwarna hitam dengan foto Habib Rizieq dan beberapa tokoh ulama lainnya, termasuk Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Bachtiar Nasir.

Pihak Tempo mengetahui adanya peretasan sekitar pukul 24.00 WIB, Kamis, lewat laporan. Selanjutnya tim teknologi menganalisis situasi dan ditemukan peretasan dilakukan bukan di server Tempo.co namun di DNS Server.

Karena yang diserang peretas bukan server Tempo.co, tetapi Traffic Tempo.co atau DNS Server, akibatnya ketika orang mengakses terus dialihkan. Sehingga database Tempo.co tetap aman.

Dalam pesannya hacker menuliskan ‘Bebaskan Ahok’, di bawah foto Habib Rizieq. Tampaknya aksi peretasan terjadi mulai sejak Kamis dini hari.

Belum diketahui siapa pihak yang bertanggungjawab di balik peretasan atau aksi deface tersebut dan belum menemukan petunjuk. Setelah dilakukan penanganan pemulihan website Tempo.co sudah kembali normal.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply