Virus Ransomware ‘WannaCry’ Tak Cuma Menyebar Via Jaringan

Teknologi 0
Virus Ransomware 'WannaCry'

Virus Ransomware ‘WannaCry’

Cikancah-Cyber – Serangan ransomware  ‘WannaCry’  saat ini tengah menghebohkan dunia global. WannaCry merupakan virus pemalak perangkat lunak yang sangat berbahaya, malicious software atau malware.  Indonesia juga tak luput dari serangan siber ini.

Saking berbahayanya virus ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika pun meminta semua pihak, baik individu, perusahaan, kementerian dan lembaga untuk melakukan antisipasi dan pencegahan dari serangan malware WannaCry tersebut.

Lebih lanjut Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara memberi tips antisipasi dan pencegahan. Pertama, sebelum menghidupkan komputer atau server, terlebih dahulu matikan koneksi internet. Dengan mencabut kabel LAN atau matikan Hotspot atau Wifi. Segera pindahkan data ke sistem operasi non Windows (Linux, Mac) atau lakukan back up atau copy semua data ke media storage terpisah seperti hard disk external. 

Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara lebih lanjut mengatakan, bagi pengelola teknologi informasi dapat melakukan beberapa langkah, yaitu ;

Langkah pertama, update security pada windows dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan microsoft. Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara donwload menggunakan komputer biasa, bukan komputer berperan penting.

Langkah kedua, juga harus mengupdate antivirus. Pastikan AV meliputi anti Ransomware. Ketiga,menonaktifkan fungsi Server Message Block (SMB) dan jangan mengaktifkan fungsi macros. Dan yang keempat Block Ports: 139/445 & 3389.

Menteri Komunikasi dan Informasi juga mengingatkan bahwa penularan malware bukan hanya lewat penyebaran jaringan, tapi juga melalui file attachment. Untuk itu, pengguna internet diimbau untuk tidak meng’klik’ sesuatu yang tidak dikenal.

“Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file yang sudah terinfeksi Wannacry. Akan tetapi memutus sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran ke komputer lain,” ujarnya.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply