9 CARA TERBAIK MENINGKATKAN VIEWER NATURAL VIDEO YOUTUBE

Artikel 0
9 CARA TERBAIK MENINGKATKAN VIEWER NATURAL VIDEO YOUTUBE

Ilustrasi

Cikancah-Cyber – Sebelum kita terjun jadi Youtuber sudah pasti sudah memikirkan konsep atau video apa yang akan kita upload. Jadi Youtuber sekarang memang sudah bukan hal yang sulit bagi siapa saja dan kalangan mana saja. Membuat video di Youtube tidak perlu ribet harus benar-benar lihai menjadi videografer, sekarang cukup dengan handphone yang anda punya sudah bisa membuat sebuah video dan bisa di upload di chanel yang sudah anda buat.

Awalnya video di Youtube hanya diisi oleh perusahaan-perusahaan yang membuat content videonya untuk konsumsi publik demi memperkenalkan sebuah produk. Seiring dengan perkembangannya dan chanel Youtube bisa menghasilkan uang barulah para Youtubers rame-rame membuat video dan meng uploadnya dengan harapan mendapatkan jumlah viewer atau penonton sebanyak-banyaknya agar pendapatan iklan di chanel mereka ikut meningkat.

Tapi seiring dengan perkembangannya banyak yang mengeluhkan jumlah penonton atau viewer yang melihat videonya tidak sebanyak yang orang lain buat. Mulai dari situ banyak yang hampir putus asa ternyata tidak semudah dan segampang yang dibayangkan sebelumnya oleh para Youtuber.

Disini barulah kita memerlukan konsep atau kiat bagaimana agar video yang kita upload dapat menarik viewer yang banyak sehingga nantinya berpengaruh terhadap pendapatan dari iklan melalui Google Adsense. Semakin banyak viewer artinya semakin banyak juga kita mendapatkan dolar, jadi bagaimana kuncinya agar pundi-pundi dolar kita meningkat? Dibawah ini akan dibahas bagaimana cara agar video yang di upload mendapat viewer yang banyak.

Memang berbagai macam cara orang lakukan demi mendatangkan pengunjung pada chanel atau video kita ada yang pakai trik kotor ada juga yang memakai cara natural atau yang tidak melanggar kebijakan Youtube. Nah kita tinggal pilih mau yang mana tetapi penulis menyarankan kalau kita mau serius dan langgeng mendapatkan uang dari Youtube tentunya kita harus patuh dan tunduk terhadap semua aturan atau kebijakan yang Youtube berikan.

Sebaiknya kita menghindari menggunakan cara-cara curang dalam menarik pengunjung semisal menggunakan robot atau scam, sebab dengan sistem yang baru pihak Youtube akan dengan mudah menemukan mana pengunjung natural atau bukan dan itu akan menjadi pekerjaan sia-sia jika video yang kita unggah ternyata melanggar aturan dari pihak Youtube.

Ada beberapa tips yang akan penulis berikan dan semoga bisa membantu anda agar mendapatkan pengunjung yang natural sehingga video yang anda unggah/upload bisa mendapatkan dolar lebih banyak lagi.

 

BERIKUT LANGKAH-LANGKAH AGAR VIDEO ANDA DI YOUTUBE BANYAK PENGUNJUNG NATURAL :

  1. Kelompokan Video Sesuai Kategori

Jika anda selama ini membuat video dengan berbagai kategori sebaiknya anda seleksi setiap video dan pisahkan menjandi beberapa kategori sesuai dengan topik video masing-masing, intinya untuk memudahkan pengunjung kita harus membuat Niche Video sesuai dengan kategori dan Chanel yang kita buat. Semisal video tutorial jangan disatukan dengan video lucu atau video lainnya.

Itu akan memudahkan pengunjung dalam mencari video lainnya dalam satu saluran atau chanel yang anda buat.  Tanpa kita sadari hal ini bisa meningkatkan pengunjung atau viewer pada chanel anda karena lebih mudah dalam mencari video sesuai kategori atau saluran.

  1. Usahakan Videonya Original

Buatlah video yang original dan berkualitas hasil karya anda sendiri jadi bukan copas dari video orang lain atau menggabungkan beberapa video menjadi satu tetapi bukan dari karya anda sendiri.

  1. Jadilah Youtuber Yang Jujur

Jangan Berbohong! Lah maksudnya apa nih gan… disini kita juga dituntut untuk jujur sama penonton jadi jangan membohongi penonton atau pengunjung semisal dengan judul dan gambar yang Hot tetapi isi videonya biasa-biasa saja dan ini biasanya akan ditandai oleh pengunjung sehingga chanel kita akan ditinggalkan karena mereka kecewa.

  1. Jadikan Chanel atau saluran anda tersebut SEO friendly, agar video mudah di temukan dalam mesin pencarian.
  2. Belajar Editing Agar Hasil Videonya Memuaskan

Untuk menjadikan pengunjung betah berlama-lama di chanel kita tentunya video yang kita sajikan selain menarik dan original harus mempunyai kualitas yang baik (HD) dan disini kita tentunya harus mau belajar bagaimana cara editing video dan tentunya banyak pilihan software yang menawarkan untuk menjadikan video anda lebih menarik dan memanjakan mata penonton.

  1. Jaga Kualitas Video Anda Dengan Memperhatikan Resolusinya

Usahakan resolusi video yang anda buat sudah memenuhi minimal standar video pada umumnya contohnya dengan resolusi 1080p, 720p atau 480p. Tetapi kalau anda membuat video dengan resolusi 8K (7680×4320) itu akan lebih baik lagi karena sekarang Youtube sudah mensuportnya.

  1. Buat Video Yang Sedang Menjadi Trending Topik

Kalau anda bingung mau membuat video apa sebaiknya anda melihat chanel orang lain dan pilihlah video yang memang sedang trend saat ini.  Hal ini bisa berkaitan dengan berita terbaru, atau apa yang sedang dan banyak di bicarakan orang dengan mengikuti perkembangan tersebut orang akan menemukan chanel dan video anda melalui mesin pencarian, yang mencari sumber sumber video baru.

  1. Buatlah Video Sebanyak munkin di Chanel Anda

Memiliki banyak video para pengunjung/penonton biasanya akan lebih penasaran untuk melihat video koleksi anda yang lainnya, sebab dalam satu saluran video di Youtube sudah ada fasilitas yang menyusun secara otomatis video koleksi anda dengan rapi, dengan mempunyai banyak video kemungkinan besar anda akan memperoleh lebih banyak Subscriber/pelanggan.

  1. Promosikan Video Anda

Tugas anda berikutnya adalah setelah selesai upload video jangan lupa untuk mempromosikan video anda, baik melalui media sosial atau bisa juga melalui web/blog jika kebetulan anda mempunyai dan ini akan lebih efektif.

Dengan cara mempromosikan setiap video yang anda upload tentunyan akan menarik Subscriber atau pengunjung dan bisa membantu anda karena setiap selesai upload secara otomatis akan mendapat pemberitahuan melalui email sehingga banyak kemungkinan mereka akan membuka video kita yang baru.

Jika anda mengikuti 9 tips di atas, mudah-mudahan pelanggan atau Subscribers akan datang dengan sendirinya dan bisa menambah pula pendapatan anda melalui Google Adsense.  Meskipun saat ini banyak Tutorial dan cara mendatangkan atau mendapatkan pelanggan youtube tetapi itu bukan jaminan bila anda mengesampingkan 9 hal seperti yang sudah diulas diatas.

Kita pakai logika saja apabila video dan saluran anda bagus dan menarik tentunya akan menjadikan para pelanggan/Subscribers  rela mengarahkan mousenya ke tombol Subscribe di saluran/chanel anda.

Selamat Berkarya dan Mencoba Tips Diatas…

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply