Apa Persekusi Itu yang Sebenarnya?

Artikel 0
Persekusi

Persekusi (Persecution)

Cikancah-Cyber – Persekusi? Kata tersebut sedikit asing di telinga. Walau dalam kenyataannya akhir-akhir ini kata ‘Persekusi’ menjadi populer dan viral di media sosial. Beberapa kasus persekusi bermunculan akhir-akhir ini.

Media televisi banyak memberitakan tentang korban ‘Persekusi’. Sebagai contoh kasus persekusi seorang dokter wanita oleh ormas islam yang dianggap menghina ulama. Dan kasus lain, persekusi seorang remaja belasan tahun oleh salah satu organisasi islam di Indonesia karena dianggap menghina pemimpinya lewat media sosial. Kemudian remaja tersebut didatangi, diintrograsi, dan dianiaya.

Makna persekusi berbeda dengan main hakim sendiri. Jadi, sebenarnya ‘Persekusi’ itu apa? Menurut laman Wikipedia Persekusi berasal dari Bahasa Inggris Persecution yang¬†memiliki makna perlakuan buruk atau penganiayaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, khususnya karena masalah agama, suku, atau pandangan politik.

Persekusi merupakan suatu bentuk kejahatan. Timbulnya penderitaan, pelecehan, penahanan, ketakutan, dan berbagai faktor lain, merupakan indikator persekusi. Namun, hanya penderitaan yang cukup berat yang dapat dikelompokkan sebagai persekusi.

Sedangkan menurut laman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Persekusi (Verba=Kata Kerja) adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas. Terdapat dua elemen dalam persekusi yaitu bertujuan menyakiti secara fisik dan secara psikis.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply