Cara Membuat Pecel Lele dan Bumbu Sambalnya

Kuliner, Makanan 0
Resep Pecel Lele

Resep Pecel Lele

Cikancah-Cyber – Pecel lele merupakan masakan khas kaki lima dan makanan alternatif yang murah meriah dengan bumbu sambalnya. Kelezatan pecel lele sebenarnya terletak pada bumbu sambalnya yang disajikan. Sambal pecel lele yang sedap itu tidak hanya diperuntukkan buat lele goreng saja. Banyak orang menggantinya dengan ayam goreng. Pecel lele yang paling populer yaitu pecel lele Lamongan.

Berikut ini resep membuat pecel lele yang lezat :

Bahan-bahan yang harus dipersiapan dalam membuat pecel lele adalah sebagai berikut :

4 ekor lele bersihkan

Minyak goreng

2 sdm wijen sangrai

Kemudian bumbu yang telah disediakan itu seperti : 4 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 5 cm kunyit, 2 butir kemiri, garam secukupnya ditumbuk atau diulek atau diblander agar menjadi halus.

Selain itu ada pula bahan-bahan yang diperuntukkan membuat bumbu sambal pecel lelenya. Adapun bahan yang disiapkan untuk sambalnya adalah

7 butir kemiri

8 buah cabai merah

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1 butir tomat

1 sdm gula merah

1 sdm terasi

Garam secukupnya

Cara membuat :

Aduk lele dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Kemudian diamkanlah selama 10 menit, sampai bumbu meresap. Lalu angkat, dan goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Kemudian sisihkan.

Bahan sambal yang telah disediakan tadi, goreng sampai matang semua bahan-bahan sambalnya, kecuali gula merah dan garam. Angkat lalu giling sampai lembut. Tambahkan gula merah dan garam. Taburi dengan wijen sangrai.

Menu pecel lele tersebut disajikan untuk 4 orang. Agar lebih lengkap sajikan pecel lele dengan lalapan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply