Cikutu Jalan Pintas Nan Mungil [Merupakan Tempat Yang Penuh Kenangan Di Dusun Cikancah]

Artikel, Berita, Lokal, Tempat 0

Cikutu Jalan Pintas Nan Mungil [Merupakan Tempat Yang Penuh Kenangan Di Dusun Cikancah]

Bebatuan Yang Berada Di Pesawahan Cikutu

Cikancah-Cyber – Bila anda pernah berkunjung ke Dusun Cikancah Desa Bunter Sukadana Kab. Ciamis akan menemukan jalan yang menjadi alternatif warga untuk melintas dari pusat pemerintahan ke seberang dusun yang masih satu pemerintahan namun terpisah oleh pesawahan. Warga dengan setia melintasi jalur kecil tersbut untuk memangkas waktu dan jarak tempuh. Namanya Cikutu dimana terdapat hamparan pesawan yang asri namun kadang sulit dilalui apabila malam atau hujan turun, kondisi jalan yang curam dan kecil tentunya diperlukan tingkat kehati-hatian dalam meintasi jalan yang hanya lebarnya tidak sampai dua meter ini.

Belum lama atas inisiatif kepala Dusun Cikancah Bapak Rudiyanto dan swadaya masyarakat bahu membahu melakukan penyemenan dibagian tengah jalan yakni diposisi tanjakan/turunan saja sementara badan jalan yang berada di tengah pesawahan masih tanah merah campur bebatuan yang tidak rata.

Pada masa lalu sering dijadikan Cikutu ini buat memancing ikan karena ada kali yang melintas diantara pesawahan meskipun cukup kecil namun terdapat banyak ikan yang bisa dipancing ditambah banyaknya pohon jambu biji yang tumbuh liar hampir disepanjang kali dan itu sering dijadikan tempat bermain anak-anak sambil memetik buahnya.

Pesawahan yang terhampar menghijau sering dijadikan tempat memancing lindung/belut oleh masyarakat sekitar. Bila musim kemarau tiba area ini juga sering dijadikan tempat bermain layang-layang dan apabila kemaraunya berkepanjangan masyarakat melakukan shalat untuk minta hujan di area pesawahan Cikutu. Meskipun kadang luput dari perhatian akhir-akhir ini tempat ini pernah menjadi pavorit para anak-anak dimasanya.

Kini Cikutu menanti sentuhan tangan-tangan kreatif dan ide-ide membangun untuk mengembalikan keasrian dan kenangan ditempat itu. Sekilas beberapa photo terkini yang kami abadikan saat melintas daerah tersebut.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply