Deldom, Ikon Unik Taman Raflesia yang Mulai Tersisihkan Becak Cinta

Lokal, Unik & Aneh 0
Delman Domba (Deldom) di Ciamis

Delman Domba (Deldom) di Ciamis

Cikancah-Cyber – Deldom, Ikon Unik Taman Raflesia yang Mulai Tersisihkan Becak Cinta.  Sesuatu yang unik akan dijumpai dimanapun dan kapanpun. Tak terkecuali ketika mengunjungi alun-alun (Taman Raflesia) Ciamis. Di sana akan ditemuan hal yang unik tersebut. Keunikan itu menjadi sebuah ikon atau cirri khas di suatu daerah.

Ikon Taman Raflesia Ciamis adalah Deldom. Deldom atau yang sering dikenal Delman Domba adalah sebuah delman yang ditarik seekor Domba Garut. Deldom pun sudah menjadi sebuah ciri khas tersendiri untuk warga Ciamis dan sekitarnya.

Keberadaan delman domba atau deldom hingga saat ini masih masih tetap eksis dan menjadi daya tarik tersendiri di Taman Raflesia. Terlebih saat musim libur lebaran, kendaraan roda dua yang ditarik seekor domba tersebut menjadi favorit di kalangan anak-anak. Walau jumlahnya semakin sedikit

Seiring perkembangan zaman, Deldom yang kerap beroprasi di Alun-alun Ciamis mulai sulit untuk ditemukan. Hal itu dikarenakan, di sekitar Taman Raflesia Kabupaten Ciamis sudah dipenuhi oleh Becak Cinta yang semakin menjamur.

Delmon sudah tersisihkan oleh gemerlapnya becak cinta yang notabenya bukan ciri khas Ciamis. Terbatasanya jumlah deldom, membuat anak-anak harus rela menunggu giliran ketika hendak naik kereta berukuran kecil tersebut. Saat deldom datang setelah memutari rute Taman Rafflesia, tidak sedikit yang berebut agar lebih dulu naik deldom.

Mestinya pemerintahan bisa lebih memperhatikan keberadaan deldom sebagai wahana rekreasi tradisional yang murah-meriah. Deldom agar bisa dipertahankan keberadaannya dan tetap menjadi ikon dan jati diri Ciamis. Jangan tersisihkan dan mulai tergantikan oleh becak cinta,  yang terkesan lebih modern. Semoga.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply