Hati-hati Jelang Lebaran Kejahatan Merajalela : Inilah Waktu dan Tempat Yang Mereka Incar

Berita, Kriminal, Nasional 0
Hati-hati Jelang Lebaran Kejahatan Merajalela : Inilah Waktu dan Tempat Yang Mereka Incar

Ilustrasi

Cikancah-Cyber – “Maling juga pengen lebaran” kata-kata itu sering jadi lelucon ditengah masyarakat dan ada benarnya juga karena mereka juga rata-rata punya keluarga namun karena tertutup mata hati dan akal sehatnya akhirnya mereka mencari rejeki dengan cara-cara yang tidak halal atau dengan tindak kejahatan, ada yang nyopet ada yang nodong, maling,melakukan bius untuk mengambil harta korban atau menghipnotis calon korbannya.

Aksi kejahatan meningkat saat mendekati lebaran karena disitu ada tradisi mudik, mendapatkan THR, Bonus dari perusahaan-perusahaan makanya para pelaku kejahatan selalu memanfaatkan momen-momen seperti ini untuk melakukan aksinya.

Tempat & Waktu Yang Diincar

Para pelaku kejahatan selalu mencari tempat dan waktu yang tepat dalam melakukan aksinya, mereka menunggu calon korban lengah baik ditempat maupun saat melakukan perjalanan. Kadang kita lalai dan merasa aman terhadap lingkungan kita ” justru disaat kita merasa aman disitulah sebenarnya kerawanan mengincar kita ” . Penyebabnya adalah kita akan jauh dari rasa waspada karena perasaan aman tadi dan dalam kondisi itulah para pelaku kejahatan melakukan aksinya. Intinya kita harus selalu waspada dan menaruh curiga terhadap situasi dan kondisi lingkungan.

Tempat Rawan Kejahatan

Tempat yang sering terjadi tindak kejahatan menjelang Lebaran adalah : Bank,Rumah,Pasar, Pusat Perbelanjaan/mall, Terminal,Stasiun,Pelabuhan  bahkan Bandara pun tidak luput dari incaran tempat aksi kejahatan. Berbagai modus mereka lakuakn dan yang paling sering terjadi memang penodongan, jambret,copet, bius dan hipnotis dan itu rata-rata mengincar para pemudik terutama ditempat-tempat kepulangan baik darat, laut dan udara.

Rumah kosong pun tidak luput dari incaran dari para pelaku kejahatan karena kebanyakan kalau penghuninya mudik atau pulang kampung rumahnya dalam keadaan kosong kecuali mereka yang mempunyai sistem keamanan sepertai di komplek atau menyewa jasa keamanan selama mudik.

Tempat yang paling rawan dan kadang sangat membahayakan biasanya dijalanan disaat mengetahui calon korbannya habis mengambil uang buat THR dan biasanya dalam jumlah besar. Selain sudah dibuntuti terkadang kejahatan spontan dilakukan apabila melihat si calon korban kurang safety atau sama sekali tidak ada pengawalan dari pihak berwajib seperti kepolisian.

Waktu Terjadinya Tindak Kejahatan

Sepertinya timing atau waktu yang tepat dalam melakukan tindak kejahatan pun sudah direncanakan dengan matang. Istilahnya para pelaku kejahatan juga mempunyai strategi dan manajemn waktu dalam melakukan aksinya. Kita harus waspada dan mengenali kapan mereka melakukan aksinya mininal kita meminimalisir atau lebih waspada apabila merasa ada yang janggal disekitar kita. Biasanya insting kita suka peka dan kalau kita mau lebih mendalami perasaaan itu cobalah berkomunikasi dengan diri sendiri dan alam sekitar pasti kita dapat merasakan sinyal kurang nyaman saat itu apabila memang diluar sana ada orang yang bermaksud atau berniat melakukan tindak kejahatan.

Apabila kita berada dirumah tidak menutup kemungkinan aksi kejahatan bisa saja terjadi contohnya jam-jam rawan kejahatan disekitar rumah biasanya disaat menjelang buka puasa kita sering tidak kontrol terhadap barang-barang kita seperti kendaraan yang kadang kita parkir sembarangan atau kadang kunci masih tergantung. Kita disibukan dengan aktifitas buka puasa dan kadang lalai terhadap situasi dan kondisi disekitar kita. Disaat seperti inilah kadang aksi kejahatan terjadi terutama terhadap kendaraan pribadi seperti sepeda motor yang diparkir diluar rumah dan luput dari perhatian.

Waktu lainnya biasanya disaat waktu shalat tarawrih biasanya semua penghinu rumah ramai-ramai ke mesjid dan kadang kita lupa mengunci jendela atau bahkan menaruh kendaraan tanpa kunci pengaman lainnya. Menjelang subuh pun kadang banyak kejadian tindak kejahatan terutama setelah makan sahur biasanya habis shalat subuh kebanyakan tertidur pulas sampai siang hari dan kadang kita mebuka semua jendela bahkan pintu dengan mematikan lampu diluar rumah dengan tujuan merasakan segarnya udara pagi masuk kedalam rumah. Itu bagus buat kesehatan tapi seyogyanya kita tetap waspada karena apabila semua penghuni rumah tertidur pulas bisa saja kena apes ada orang yang niat jahat dan sudang mengincar kondisi seperti itu untuk memudahkan aksi jahatnya.

Selalu Waspada Dan Peduli Terhadap Situasi

Waspada disini memang harus selalu tertanam dalam setiap langkah kita terutama apabila kita melakukan aktifitas diluar dengan membawa uang atau mengambil uang dari bank dalam jumlah besar. Selalu usahakan mendapat pengawalan dari pihak berwajib dan jangan melakukan dengan sendiri. Pedulilah terhadap semua situasi yang ada minimal kita selalu saling memperhatikan apabila da gerak-gerik atau tindakan yang mencurigakan disekitar kita, tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan yang akan terjadi jangan bertindak konyol atau ceroboh apalagi para pelaku kejahatan apabila kepepet mereka tidak pandang bulu dalam melakukan tindak kekerasan baik dengan senjata tajam atau bahkan senjata api sepertai yang terjadi baru-baru ini di daerah cengkarang dengan korban mengalami luka tembak.

Libatkan Tuhan dalam setiap langkah dan tindakan kita biar selalu berdoa demi keselamatan. Jangan menerima atau percaya begitu saja terhadap orang yang baru kita kenal baik dengan cara berbicara atau memberikan sesuatu hal seperti ini biasanya terjadi di terminal atau tempat berkumpulnya orang-orang yang akan melakukan perjalanan pulang kampung. Tindakan pembiusan atau hipnotis juga kadang terjadi disaat dalam kendaraan umum, pura-pura jadi penumpang dan disaat itulah mereka kadang melakukan aksinya dan si korban dan sipelaku biasanya duduk berdampingan.

 

 

 

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply