PT LIGA INDONESIA BARU [LIB] GELAR LIGA 1 U-19 TAHUN INI

Berita, Nasional, Olahraga 0

PT LIGA INDONESIA BARU [LIB] GELAR LIGA 1 U-19 TAHUN INI

PT LIGA INDONESIA BARU [LIB] GELAR LIGA 1 U-19 TAHUN INI

Cikancah-Cyber – PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan Liga 2 melakukan terobosan dengan menggulir Liga kelompok usia pada tahun ini. Sebelumnya yang mendampingi peserta kompetisi kasta tertinggi (sekarang Liga 1) adalah kompetisi kelompok usia dibawah 21 tahun, namun untuk tahun ini PT LIB akan menggulir Liga 1 U-19 mendampingi tim peserta Go-Jek Traveloka Liga 1.

Kompetisi ini adalah upaya PT LIB dalam menyokong program pembinaan usia muda yang digalakkan oleh PSSI. Harapannya, bukan hanya sebagai wadah produksi pemain untuk mengisi skuat timnas usia muda Indonesia. Tetapi, juga sebagai ladang bagi klub-klub profesional dalam perekrutan  pemain untuk memperkuat skuatnya.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menekankan bahwa kompetisi Liga 1 U-19 ini adalah sebagai jembatan bagi PSSI dalam mengatasi ketertinggalan dari negara lain terutama dikawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Indonesia tidak boleh berada di urutan 4, apalagi 5 di kawasan Asia Tenggara,” ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono saat membuka Managers Meeting Liga 1 U-19 2017 di The Park Lane Hotel, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (14/6).

Usia pemain yang jadi peserta Liga 1 U-19 adalah kelahiran 1 Januari 1998 dan setelahnya para peserta minimal mendaftarkan 18 pemain dan maksimal 30 pemain dengan ketentuan pelatih kepala  yang menangani harus mempunyai AFC C License (minimal). Pemainnya berstatus Amatir dan Profesional dan dapat dimainkan di tim senior maksimal lima pemain

Peserta Dan Pembagian Grup

Terdapat 18 klub peserta kompetisi Liga 1 U-19 dan dibagi kedalam tiga grup.

Grup 1: Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, PS TNI, Bhayangkara FC
Grup 2:Persela Lamongan, Madura United, Arema FC, Persegres Gresik United, Bali United, Barito Putera
Grup 3: Borneo FC, Mitra Kutai Kartanegara, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, Perseru Serui, Persipura Jayapura

Waktu Pelaksanaan 

Untuk waktu pelaksanaanya sendiri Liga 1 U-19 2017 direncanakan bergulir mulai 8 Juli 2017 dengan duel pembuka mempertemukan  Persija Jakarta U-19 melawan Sriwijaya FC U-19. Meski begitu, PT LIB belum bisa merilis jadwal lengkap Liga 1 U-19 2017 karena masih menunggu respons dari klub peserta sampai sepekan kedepan terhitung dari pelaksanaan Managers Meeting Liga 1 U-19 2017.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply