Situ Lengkong Primadona Wisata Di Kab. Ciamis Yang Perlu Perhatian

Situ Lengkong Primadona Wisata Di Kab. Ciamis Yang Perlu Perhatian

Suasan Tenang Dan Sejuk Di Sekitar Situ Lengkong Panjalu

Cikancah-Cyber – Libur hari raya Idul Fitri merupakan momen paling ditunggu bagi seluruh keluarga untuk bisa bersilaturahim dan melakukan darmawisata bersama keluarga tercintanya. Tempat wisata merupakan tujuan bagi para keluarga yang ingin melepas kangen bersama keluarga yang selama ini berada diperantauan.

Tradisi tahunan ini merupakan hal yang lumrah dilakukan terutama mereka yang berada di desa-desa dan melakukan bepergian ke tempat-tempat wisata terdekat dari tempat tinggal masing-masing. Nah di Kab, Ciamis sendiri memang ada beberapa alternatif wisata yang sebelumnya pantai Pangandaran masuk ke wilayah kab. Ciamis kini telah pisah dan menjadi Kabupaten sendiri.

Tempat Wisata yang menjadi alternatif adalah Situ Lengkong yang berada di daerah Panjalu. Wisata bersejarah ini memang menjadi primadona bagi keluarga dari sekitar Panjalu selain tempatnya sejuk dan asri tempat ini memang sangat ramah dikantong. Biaya masuk hanya Rp.3000 per orang dan parkir kendaraan roda 4 cuman Rp. 5000 rasanya sangat murah untuk sebuah daerah wisata.

Fasilitas Dan Kondisi Terkini

Menyangkut fasilitas yang ada memang kalau untuk oleh-oleh atau cenderamata sudah mulai ramai dan ditata dengan banyak pilihan. Dari mulai kaos yang bisa disablon nama sendiri dan beberapa kerajinan khas Jawa Barat juga tersedia. Memang kalau dihari-hari biasa tempat ini cukup santai dan enak dinikmati dengan duduk-duduk disamping danau yang airnya masih jernih dan terlihat bersih.

Kondisi ini akan sedikit berubah dikala liburan panjang atau hari raya tiba, dengan ribuan pengunjung rasanya Pemerintah sendiri atau pihak pengelola harus sudah mulai memikirkan tempat yang ada supaya lebih tertata, rapi dan menyenangkan. Susahnya tempat beristirahat apabila pengunjung membludak menjadi masalah tersendiri bagi tempat wisata yang menawarkan kesejukan dan keindahan wisata air dengan perahu-perahu yang bisa membawa para wisatawan mengelilingi danau dengan suguhan hijaunya alam yang dipenuhi para kelelawar (kalong) yang menjadi ciri khas.

Pemerintah perlu memikirkan area wisata ini untuk lebih nyaman lagi terutama tempat bersantai dikala setelah melakukan aktifitas berperahu dan ingin menikmati suasana danau yang sejuk. Banyaknya para pedagang yang menempel ke pinggir danau memang telah mengambil area untuk para wisatawan yang ingin beristirahat. Belum kalau cuaca terik dan hujan tentunya kita pasti direpotkan mencari tempat berteduh yang nyaman.

Perlu Konsep Dan Penataan Yang Matang

Semakin majunya sebuah daerah wisata tentunya semakin dituntut akan fasilitas dan system penataan tata ruang yang secara fungsionalnya mendukung untuk aktifitas berwisata. Disini diperlukan para perencana yang jempolan dan tidak setengah hati dalam mengelola sebuah obyek wisata. Kalau kita perhatikan Situ Lengkong memang mempunyai potensi wisata yang sangat tinggi belum lagi kalau ada pemandu khusus yang bisa menerangkan tentang sejarah Situ Lengkong pasti ini menjadi poin tersendiri bagi para wisatawan terutama yang berasal dari luar daerah Panjalu dan sekitarnya atau bahkan para penduduk Panjalu saja belum tahu persis dan detail mengenai sejarahnya.

Pembangunan yang berkesinambungan memang sangat diperlukan dalam mengelola obyek wisata, tidak hanya membangun tetapi harus tetap dirawat secara berkala. Hampir disemua sektor biasanya kalau membangun awal memang selalu terkonsep dengan rapi namun setelah itu banyak fasilitas umum yang terbengkalai dan ini sepertinya jangan sampai terjadi terutama didaerah wisata seperti Situ Lengkong.

Obyek wisata sendiri merupakan pencitraan bagi sebuah daerah bisa dibilang tempat-tempat wisata merupakan gadis-gadis kecil yang perlu bersolek dan mempunyai jatidiri sendiri. Begitupun sebuah daerah wisata akan menjadi buah bibir baik atau buruk dimata para pengunjung dan itu pastinya akan membawa nama daerah, pemerintah daerah dan masyarakat itu sendiri. Berusaha terus menaikan citra positif dengan konsep-konsep yang segar apalagi dijaman teknologi ini tidak sulit untuk melakukan promosi wisata lewat dunia maya atau media sosial.

Berikut Beberapa Spot Menarik Yang Kami Ambil Pada Lebaran Tahun 2017 :

 

 

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply