Surat Himbauan Tentang Pengumuman Kelulusan 2017

Artikel, Pendidikan 0
Pengumuman hasil UNBK SMP 2017

Pengumuman hasil UNBK SMP 2017

Cikancah-Cyber – Pengumuman hasil Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan diumumkan hari ini, Jumat 2/6/2017, serentak di seluruh Indonesia. Suatu hal yang ditunggu-tunngu oleh seluruh siswa yang telah ikut ujian. Segala perjuangan yang dilakukan  dalam menghadapi UN sebentar lagi akan bisa dilihat hasilnya.

Teknis pelaksanaan UN tahun pelajaran 2016/2017 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. UN 2017 kali ini sebagian besar menggunakan dan dilaksanakan dengan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Soal-soal yang dikerjakan siswa tidak lagi menggunakan paper test, melainkan dikerjakan secara online dengan menggunakan komputer.

Tentu saja setiap sekolah akan melakukan rapat pleno kelulusan terlebih dahulu. Kemudian pihak sekolah menyampaikan pengumuman kepada para siswa dan orang tua masing-masing.

Pengumuman kelulusan seluruh SMP/MTs, terlebih khusus di Kabupaten Ciamis akan dilakukan pada Jumat siang sekitar pukul 14.00 WIB. Hal tersebut dilakukan agar meminimalkan perayaan kelulusan siswa pasca pengumuman UN pada kegiatan negatif. Kegiatan negatif yang biasanya dilakukan siswa yaitu mencorat-coret pakaian, konvoi kendaraan roda dua, dan lain-lain.

Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mengeluarkan surat edaran yang berisikan himbauan tentang Pengumuman Hasil Ujian Nasional atau kelulusan tahun pelajaran 2016/2017. Surat Edaran tersebut berisi :

  1. Kepala Sekolah agar mempersiapkan pelaksanaan kelulusan agar menjadi suatu kegiatan yang mencerminkan akhlak mulia;
  2. Teknis pelaksanaan pengumuman kelulusan diserahkan sepenuhnya ke sekolah masing-masing;
  3. Untuk mengantisipasi luapan kegembiraan pasca pengumuman kelulusan, pihak sekolah agar melarang siswanya mencoret-coret pakaian seragam, bangunan sekolah dan bangunan umum lainnya, melakukan arak-arakan atau pawai sepeda motor karena mengganggu ketertiban umum, atau dilarang melakukan perbuatan lainnya yang tidak terpuji;
  4. Menghimbau siswa agar menyumbangkan pakaian seragam sekolah melalui OSIS.

Semoga dengan adanya surat himbauan tersebut, pelaksanaan pengumuman kelulusan akan berlangsung sesuai dengan harapan. Isilah perayaan pasca kelulusan Ujian Nasional itu dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Klik sini Surat Edaran Himbauan Pelaksanaan Pengumuman Hasil Ujian Nasional SMP Tahun Pelajaran 2016/2017 lebih lengkapnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply