Ada Empat Tipe Pengguna Facebook yang Sering Dijumpai

Teknologi 0
Tipe-tipe Pengguna Facebook

Tipe-tipe Pengguna Facebook (Foto:Ilustrasi Pixabay)

Cikancah-Cyber – Facebook merupakan media sosial yang banyak penggunanya. Dalam sehari, para pengguna Facebook rata-rata menghabiskan waktunya 35 menit untuk mengakses media sosial itu. Setiap hari sebanyak 1,28 miliar orang membuka Facebook-nya. Sedangkan sebanyak 2 miliar orang membukanya secara bulanan.

Tiga profesor komunikasi dari Brigham Young University meneliti mengapa hal ini bisa terjadi. Berdasarkan jawaban orang-orang yang diteliti, ketiga profesor tersebut mengidentifikasi ada empat tipe pengguna Facebook, yaitu pembangun hubungan,pemberi informasi, tpenyuka swafoto, dan si kepo.

Dilansir antaranews.com, berikut empat tipe pengguna Facebook menurut penelitian yang dia lakukan ketiga professor itu :

Si Pembangun Hubungan (Relationship Builder)

Kelompok ini biasanya selalu menanggapi unggahan milik teman-temannya dan kerapkali menggunakan berbagai fitur Facebook dalam upaya memperkuat hubungan yang ada di luar dunia maya mereka.

Si Pemberi Informasi

Kelompok ini umumnya tidak peduli soal berbagi foto, cerita atau informasi lainnya tentang diri mereka, namun ingin memberi tahu semua orang tentang apa yang sedang terjadi.

Si penyuka swafoto

Orang-orang dalam tipe ini cenderung mempromosikan diri mereka. Mereka kerap mengunggah gambar, video dan berbagai teks, namun semata untuk mendapatkan perhatian, like dan komentar dari orang lain. Mereka berpendapat, semakin banyak orang yang memberi like, semakin mereka disukai rekan-rekannya.

Si Kepo

Pengguna dalam kategori ini semata ingin melihat apa yang orang lain lakukan. Selalu pingin tahu urusan orang lain, kira-kira demikian maksudnya. Jadi, Anda masuk yang mana dari keempat tipe tadi?

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply