Apa Itu Diaspora?

Artikel, Bahasa 0
Pengertian Diaspora

Pengertian Diaspora

Cikancah-Cyber – Kongres Diaspora Indonesia ke-4 kali ini dihadiri oleh Mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama. Kongres Diaspora Indonesia merupakan Festival yang menampilkan prestasi, peluang, konstribusi dan pemikiran cemerlang tokoh-tokoh diaspora Indonesia dari berbagai penjuru dunia.

Kongres Diaspora Indonesia ini diselenggarakan di Kasablanca Hall, Jakarta, dari tanggal 1-4 Juli 2017, dengan tema ‘Bersinergi Bangun Negeri’. Diaspora Indonesia memiliki perwakilan di 65 kota diberbagai belahan dunia.  Indonesia memiliki jumlah diaspora yang termasuk 10 besar di dunia dengan 6-8 juta yang berstatus WNI dan sekitar 10-15 juta orang keturunan Indonesia di berbagai belahan dunia.

Lalu sebenarnya apa Diaspora itu? Dilansir Wikipedia, Diaspora itu berasal dari Bahasa Yunani Kuno ‘διασπορά’, yang memiliki arti penyebaran atau penaburan benih. Kata diaspora digunakan tanpa huruf kapital. Hal itu dilakukan untuk merujukan pada bangsa atau penduduk etnis manapun yang terpaksa untuk meninggalkan tanah air.

Awalnya, Diaspora (dengan huruf kapital) digunakan oleh orang Yunani untuk merujuk kepada warga suatu kota kerajaan yang bermigrasi ke wilayah jajahan dengan maksud kolonisasi untuk mengasimilasikan wilayah itu ke dalam kerajaan.

Menurut sejarahnya asal usul kata diaspora itu sendiri diduga dari versi  yaitu Septuaginta dari Kitab Ulangan 28:25, “sehingga engkau menjadi diaspora (bahasa Yunani untuk ‘penyebaran’) bagi segala kerajaan di bumi”. Istilah ini telah digunakan dalam pengertian modernnya sejak akhir  abad ke-20.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diaspora (n) = (untuk politik dan pemerintahan)  diartikan masa tercerai-berainya suatu bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan bangsa tersebut tidak memiliki negara, misalnya bangsa Yahudi sebelum negara Israel berdiri pada tahun 1948

Menurut Dr. Dino Patti Djalal (Penggagas Indonesian Diaspora Network (IDN), istilah Diaspora Indonesia sendiri memiliki arti warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dan terbagi dalam empat kelompok. Keempat kelompok tersebut adalah :

  • WNI yang tinggal di luar negeri yakni masih memegang paspor Indonesia secara sah;
  • Warga Indonesia yang telah menjadi warga negara asing karena proses naturalisasi dan tidak lagi memiliki paspor Indonesia;
  • Warga negara asing yang memiliki orang tua atau leluhur yang berasal dari Indonesia;
  • Warga negara asing yang tidak memiliki pertalian leluhur dengan Indonesia sama sekali namun memiliki kecintaan yang luar biasa terhadap Indonesia.

Diaspora dapat pula diartikan sebagai perantau yang menetap di negara lain karena berbagai faktor, semisal karena adanya perang dan untuk mencari penghidupan yang lebih layak lagi.

Tags:
Rate this article!
Apa Itu Diaspora?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply