Beberapa Tips agar Menjadi Guru yang Kreatif

Artikel, Pendidikan 0
Tips Menjadi Guru Kreatif

Tips Menjadi Guru Kreatif

Cikancah-Cyber – Menjadi guru merupakan sebuah amanah dengan tugas yang berat. Guru adalah seorang pembimbing dan penuntun untuk menjadikan seseorang pintar dan berpikiran dewasa. Guru selalu dijadikan panutan, maka segala tingkah dan laku harus selalu arif dan bijaksana.

Seorang guru dituntut menjadi pribadi yang baik, kreatif serta inovatif demi mencerdaskan anak bangsa. Untuk menjadi seorang guru yang kreatif diperlukan diperlukan beberapa tips. Berikut beberapa tips yang mesti dilakukan jika ingin menjadi seorang guru yang kreatif, seperti di bawah ini :

Selalu Cinta akan Profesi Menjadi Pendidik

Kini menjadi guru bukan lagi sebagai jabatan sampingan, pelarian pilihan profesi, alternativ pilihan terakhir pekerjaan, karena menjadi guru saat ini adalah sebuah pilihan yang menuntut sikap professional dalam menunaikan amanahnya. Jika dulu orang berusaha menghindari profesi guru karena dianggap sebagai jabatan tidak bergengsi dan tidak menjanjikan.

Sekarang menjadi guru wajib dibarengi dengan sikap professional yang harus ditunjukan dalam melaksanakan tugas oleh setiap individu yang pada dirinya melekat label seorang guru.

Dalam mendidik jika kita sudah cinta pada profesi pendidik maka apapaun akan kita lakukan untuk bisa menghadirkan yang terbaik buat anak-anak kita, dengan sendirinya kreativitas itu akan tumbuh.

Jadi Pribadi Pembelajar

Janganlah pernah berhenti untuk belajar, karena merasa ilmu yang dimiliki sudah cukup. Padahal ilmu pengetahuan terus tumbuh dan berkembang, terkadang anak-anak kita lebih tahu dari pada kita.

Jadi jika ingin jadi guru kreatif, maka tumbuhkanlah dalam pribadi kita sebagai pribadi pembelajar. Kita bisa belajar dari siapapun orang-orang yang dianggap terbaik. Kreativitas ini lahir dari hasil inspirasi kita belajar dari lingkungan dimana kita hidup

Selalu Berpikir Terbuka

Menjadi guru tidak bisa memiliki pikiran yang sempit. Guru yang kreatif akan ada dan lahir dari guru yang berpikiran terbuka. Artinya jadi seorang guru harus bisa dan mau menerima pendapat orang lain, dan mau menerima gagasan dari orang lain.

Selalu Menyukai Tantangan

Seorang guru keratif merupakan pribadi yang selalu menyukai sebuah tantangan. Jika diberikan kepercayaan untuk melakukan sesuatu atau tugas yang menantang, maka tidak akan pernah menolaknya walau tugas yang diberikannya itu terasa berat.

Guru kreatif akan selalu menjalankan amanahnya. Jika hal tersebut selalu dijalankan tanpa pernah mengeluh, maka guru tersebut berhak disebut sebagai guru kreatif.

Pandai Berkomunikasi

Ide kreatif itu tidak akan muncul begitu saja tanpa adanya komunikasi. Terlebih lagi komunikasi itu dilakukan dengan anak didik. Sebagai guru, sehebat apapun dalam berkreativitas tidak akan bisa diterima dan dapat menghasilkan sesuatu yang baik tanda dibarengi dengan berkomunikasi. Maka dari itu berkomunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting, terutama dalam pembelajaran.

Maka dengan demikian mulai dari sekarang belajarlah berkomunikasi untuk bisa memperlancar proses pembelajaran di dalam kelas, agar tidak monoton dan membosankan.

Bersahabat Dengan Buku

Pemerintah saat ini sudah mencanangkan kegiatan literasi. Kegiatan literasi ini menuntut kepada anak didik dan guru untuk membaca sebelum pembelajaran dimulai barang beberapa menit saja.

Karena kita tahu dengan membaca maka wawasan dan pengetahuan itu akan bertambah. Luangkan waktu dalam sehari untuk melakukan membaca. Walau dalam kenyataannya saat ini, melakukan kegiatan membaca terasa berat tidak hanya terjadi pada guru.

Cerdas Menggunakan Teknologi

Di era digital saat ini, kecerdasan dalam menggunkan teknologi sangat diperlukan, karena kreativitas dengan dukungan teknologi akan semakin lebih baik. Guru diera digital memiliki tugas dan tanggung jawab untuk bisa secara cerdas menggunkan teknologi, bukan hanya sekedar tahu dan punya. Guru Kreatif harus bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas diriya dan anak didiknya.

Pandai Memanfaatkan Keterbatasan

Jadi seorang guru jangan pernah mengeluh tentang keterbatasan dalam pendidikan terutama keterbatasan sarana.  Jangan dijadikan alat sebagai pembela diri karena dengan kerebatasan sarana anak didik tidak akan berprestasi.

Justru dengan adanya keterbatasan sarana jadikan untuk lebih kreatif. Jadikanlah alam sebagai sarana sumber inspirasi belajar, tentu hal itu akan melahirkan guru-guru yang kreatif.

Orientasi Masa Depan

Seorang guru tidak hanya berpikir hari ini, tapi selalu berpikiran tentang masa depan tentang anak didiknya. Akan jadi apa anak-anak didik di masa yang akan datang.

Dampak dari kreativitas guru dalam mengajar. Sudah sepatutnya seorang guru dalam memberikan ilmu pada anak didik selalu berorientasikan pada pendidikan masa depan atau akan datang.

Tumbuhkan Relegusitas

Relegiusitas merupakan hal yang sangat penting, karena guru kratif dalam mengajar itu tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan saja supaya anak didik menjadi pandai dan pintar tapi juga akan melahirkan anak didik yang berakhlak mulia.

Demikian dan semoga bermanfaat.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply