Bocah Penghina Polisi di Facebook Terancam Hukuman Enam Tahun Penjara

Berita, Nasional 0
Bocah Penghina Polisi di Facebook Terancam Hukuman Enam Tahun Penjara dan Denda 1 Miliar

Bocah Penghina Polisi di Facebook Terancam Hukuman Enam Tahun Penjara dan Denda 1 Miliar (Foto: Screenshot Youtube)

Cikancah-Cyber – MHB (15) alias Gajoel seorang pelajar Sekolah Menegah Atas di Yogyakarta, digelandang Satuan Intel Polresta Yogyakarta gara-gara postingan di media sosial Facebook menghina kepolisian.

MHB merupakan pemilik akun bernama┬áMhendrabrmntasu, dia mengunggah status penghinaaan terhadap polisi pada tanggal 27 Juni 2017. Staus inilah yang menjadi masalah. Karena dalam statusnya bocah tersebut menuliskan“Polisi pancen A*u, bang**t.

Menurut informasi, sebelum diamankan, ternyata polisi telah mencoba menanyakan secara langsung melalui messenger facebook. Tapi sungguh disayangkan bukanya dapat jawaban penjelasan masalah yang diterima tetapi jawaban yang tak pantas dan kata-kata makian yang terlontar.

Kemudian, Polresta Yogyakarta menerjunkan anggotanya untuk mendatangi rumah MHB, pada Senin 17/7/2017. Setelah bertemu dengan ibunya, pelaku diamankan di Polresta Yogyakarta. MHB dibuat tak berkutik ketika petugas kepolisian benar-benar mendatanginya.

Atas perbuatannya, MHB alias Ganjoel dijerat dengan pasal 27 ayat 3, 28 ayat 2, dan pasal 45 Undang-undang ITE. Adapun pasal 27 ayat 3 berisi tentang muatan penghinaan atau pencemaran nama baik, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara atau denda Rp 1 miliar.

Pasal 28 sebagaimana diatur dalam pasal 45 memuat tentang penyebar kebencian di jejering sosial, dan memiliki ancaman yang sama yakni enam tahun penjara atau denda Rp 1 miliar.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta Kompol Akbar Bantilan, walau dibawah umur proses hukum terhadap MHB alias Ganjoel tetap berjalan. Namun, MHB tidak ditahan tapi dikenakan wajib lapor.

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta Kompol Akbar Bantilan menjelaskan lebih lanjut, pemeriksaan dilakukan dengan melibatkan orangtua, Bapas, dan Lembaga Perlindungan Anak. Kini, polisi telah menetapkan Ganjoel sebagai tersangka.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply