Forum Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara Dukung Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan

Berita, Nasional 0
Forum Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara V 2017

Forum Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara V 2017 (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Forum Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara V 2017, menyampaikan apresiasi dan dukungan atas diterbitkannya Undang-Undang Nomor 5 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Apresiasi dan dukungan itu disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi, di Kantor Kemendikbud, Jakarta.

Sekertaris Jenderal Badan Pengurus Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara V 2017 mengatakan, Undang-Undang Nomor 5 2017 merupakan kerja keras Kemendikbud. Dia sangat mengapresiasi dan mendukung diterapkanya undang-undang tersebut.

Lebih lanjut Sekertaris Jenderal Badan Pengurus Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara V 2017  yang juga merupakan Raja Samu-Samu VI Maluku, Upu Latu M.L. Benny Ahmad Samu Samu menjelaskan, dengan lahirnya undang-undang ini, bisa ditetapkan sebagai payung hukum bagi para pelaku adat.

Raja Samu Samu menjelaskan, bahwa para raja dan sultan harus menjunjung tinggi lahirnya undang-undang ini. Dia berharap para raja, sultan, pewaris dan penerus Kerajaan Nusantara dapat dilibatkan dalam Komisi Perlindungan Kebudayaan.

Mendikbud menyambut baik atas kehadiran Forum Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara V 2017. Menurut Mendikbud keberadaan raja dan sultan di Indonesia  menjadi bagian yang tidak terpisah dari Bangsa Indonesia yang memberikan kontribusi dalam lahir Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui Undang-Undang Nomor 5 2017 tersebut, pemerintah mengajak masyarakat, para pewaris dan pelaku budaya untuk merawat dan memanfaatkan objek kebudayaan di daerah masing-masing. Dengan itu Indonesia dapat memperkaya keberagaman budaya dan memperkukuh jati diri bangsa.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply