Google Doodle Hari Ini, Rayakan Ulang Tahun Ke-79 Desainer Eiko Ishioka

Teknologi 0
Google Doodle Hari Ulang Tahun Eiko Ishioka Ke-79

Google Doodle Hari Ulang Tahun Eiko Ishioka Ke-79 (Foto:Google)

Cikancah-Cyber – Pada laman pertama Google hari ini memasang doodle dalam bentuk khusus dengan warna latar gelap untuk menghormati Eiko Ishioka yang berulang tahun ke-79.

Eiko Ishioka merupakan wanita asal Jepang yang dikenal sebagai penata artistik, desain grafis dan desainer busana untuk panggung pertunjukan. Wanita asal Jepang ini dilahirkan di Tokyo tanggal 12 Juli 1938. Sosok Eiko Ishioka sudah tidak asing lagi bagi para sineas dan para pekerja film.

Eiko Ishioka meninggal dunia pada Januari 2012 diusia ke-74. Namanya dan karya revolusionernya sampai sekarang masih terus dikenang dan diingat.

Sebagaimana dilansir Google, Eiko berkarier di dunia grafis yang pada saat itu hanya beberapa wanita saja yang berkecimpung di industri desain grafis. Atas pilihannya ini membuat Ishioka harus menghadapi banyak tantangan yang berat.

Denga raihan satu piala Oscar, Satu piala Grammy, dan dua kali menjadi nomine Tony Award, karya-karya Eiko Ishioka sangat layak diperhitungkan, tak peduli apapun mediumnya.

Dari iklan cetak dan sampul album hingga kostum untuk film, teater, dan Olimpiade, perancang Jepang ikonik melakukannya selama karirnya selama puluhan tahun sering tidak seperti orang sebelumnya.

Desain iklan di medium cetak pertamanya membangkitkan begitu banyak tema desain yang di kemudian hari erat dikaitkan dengan gaya desainnya yaitu tebal, surealis, dan secara konsisten tak terduga.

Eiko Ishioka mendapat pengakuan dunia atas karyanya saat rancangan kostumnya untuk film ”Dracula” tahun 1992 diganjar piala Oscar.

Dia juga meraih penghargaan Grammy lewat karyanya yaitu sampul album ”Tutu” milik Miles Davis tahun 1986. Eiko Ishioka pun tercatat dua kali menjadi nomine Tonny Award lewat karyanya yaitu kostum untuk pertunjukan teater bertajuk ”M. Butterfly”.

Dia pernah bekerja sama secara intens dengan sutradara Tarsem Singh dalam beberapa film termasuk ”Mirror Mirror” tahun 2012 lalu.

Dengan menampilkan sejumlah karya terkenalnya yang muncul dalam film ”The Fall” tahun 2006 arahan sutradara Tarsem Singh, Google merayakan ulang tahun ke-79 Eiko Ishioka lewat google doodle hari ini.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply