Kabar Gembira! Gaji ke-13 Bagi PNS Cair Hari Ini

Artikel 0
Gaji ke-13 PNS 2017 cair hari ini

Gaji ke-13 PNS 2017 cair hari ini

Cikancah-Cyber – Kabar gembira bagi para PNS yang masih aktif di satuan kerjanya masing-masing. Mulai hari ini Senin, 3/6/2017, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan membayarkan gaji ke-13 untuk seluruh PNS, TNI/Polri yang masih aktif. Tiap satuan kerja sudah bisa dan mulai mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) untuk pencairan Gaji ke-13.

“Betul mulai hari ini (pencairan gaji ke-13),” kata ‎Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono.

Mekanisme pencairan gaji ke-13 sama dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Satuan Kerja (Satker) mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Perlu diketahui, jumlah Satker mencapai 25 ribu Satker di seluruh wilayah Indonesia.

Menrut Marwanto, pencairan THR dan gaji ke-13 untuk PNS paling cepat memakan waktu 1 jam. Dengan syarat, seluruh dokumen sudah dipenuhi dan tidak ada kesalahan.

Pembayaran gaji ke-13 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.05/2017 tentang Perubahan atas PMK Nomor 96/PMK.05/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Sebagaimana tertuang dalam Pasal 9, penerima gaji ke-13 juga meliputi menteri, pejabat pimpinan tinggi, wakil menteri, staf khusus di lingkungan kementerian, anggota DPRD, hakim ad hoc, serta pegawai lainnya yang diangkat pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang memiliki kewenangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Gaji ke-13 yang diterima PNS meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, serta tunjangan kinerja. Gaji ke-13 dibayarkan pada Juli, sesuai bunyi Pasal 11 PMK 74/2017.

Total anggaran negara yang dibutuhkan untuk membayar gaji ke-13 PNS aktif pada tahun ini sebesar Rp 6,8 triliun. Jumlah itu sekitar 29,56 persen dari total alokasi anggaran sebesar Rp 23 triliun untuk membayar THR dan gaji ke-13.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply