Ketua MPR Tidak Yakin Pemindahan Ibu Kota Bisa Diwujudkan Tahun Depan

Berita, Nasional 0
Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Cikancah-Cyber – Wacana pememindahan Ibu Kota kembali mencuat ke publik setelah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pada Senin 3 Juni 2017 memastikan, kajian rencana pemindahan Ibu Kota bakal tuntas tahun ini. Hal tersebut menurut Bambang, telah dibahas rencana detailnya pemindahan ibu kota ini bersama Presiden Joko Widodo.

Wacana pemindahan ibu kota mendapat tanggapan dari Ketua MPR Zulkifli Hasan. Zulkifli setuju dengan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke daerah lain. Namun, dia masih pesimistis pemindahan ibu kota dapat terealisasikan pada tahun tahun 2018.

“Saya setuju dengan idenya, tapi kalau 2018 ya saya kira sulit”, ungkap Zulkifli.

Dikatakan sulit menurutnya pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke daerah lain memerlukan anggaran yang sangat besar. “Pemindahan kecamatan saja perlu anggaran, butuh bangun kantor kecamatan kantor kelurahan dan lain-lain, apalagi ibu kota. Kalau kapan-kapan boleh,” tuturnya.

Zulkifli menyatakan tidak sepakat jika pemindahan ibu kota dianggap ide yang ambisus.  Apalagi dengan kondidi Jakarta saat ini sudah sangat padat. Idealnya ibu kota tidak bercampur dengan kota bisnis.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply