Membaca Intensif Tajuk dalam Surat Kabar

Bahasa 0
Membaca Tajuk

Membaca Tajuk

Cikancah-Cyber – Bentuk teks dalam surat kabar, majalah atau brosur adalah artikel. Ada berbagai bentuk artikel atau tulisan di surat kabar.

Ditinjau dari kebenaran isinya, secara umum dapat dibedakan antara artikel yang berisi fakta, pendapat, dan khayalan atau fiksi. Artikel yang berisi pendapat atau opini wujudnya juga bermacam-macam. Salah satunya berupa tajuk.

Tajuk adalah tulisan dalam surat kabar yang berisi ulasan atau sorotan tentang suatu topik atau peristiwa aktual yang sedang menjadi fokus atau pusat perhatian masyarakat luas atau khalayak.

Isi tajuk berkaitan erat dengan isi berita utama atau headline. Hampir di setiap Koran atau surat kabar ada rubrik atau kolom yang beisi tajuk dengan nama yang berbeda-beda. Setiap surat kabar nama tersendiri, ada yang menakan Tajuk Rencana, Jati Diri, Editorial, dan sebagainya.

Di dalam tajuk terdapat gagasan utama dan gagasan penjelas, seperti halnya tulisan lain atau karangan. Suatu karangan biasanya memiliki sejumlah gagasan utama dan masing-masing gagasan dijabarkan dalam paragraph tersendiri.

Bila suatu karangan (tajuk) memiliki lima gagasan utama, maka sebaiknya karangan itu terdiri dari lima paragraf. Fungsi utama gagasan penjelas untuk memperjelas gagasan atau pendapat yang terkandung dalam gagasan utama.

Semakin banyak dan terinci gagasan pendukung, maka informasi yang terkandung dalam gagasan utama akan semakin jelas diterima oleh pembaca.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply