Mendikbud: Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) akan Perkuat Madrasah Diniyah

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Cikancah-Cyber – Sekolah-sekolah harus bekerjasama dengan madrasah dalam penyelenggaraan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Hal itu dismapaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy saat melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur baru-baru ini.

Dalam pertemuan tersebut Mendikbud Muhadjir menjelaskan tentang program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penjelasaan tersebut dipandang perlu sebab banyak anggapan program PPK yang telah dicanangkan pemerintah bakal menggilas keberadaan Madrasah Diniyah (Madin) atau pendidikan agama di luar sekolah.

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud menerima petisi dari Ketua Alumni Ponpes Sidogiri KH Ahmadnamun yang ditanda-tangani 3.000 orang dari kalangan Madin, santri, serta organisasi kemasyarakatan. Petisi itu beirisi penolakan dan atas penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Muhadjir menerangkan kepada pengurus Ponpes Sidogiri, Pasuruan bahwa penerapan program PPK itu menitik beratkan pada lima nilai karakter utama. Kelima karakter utama tersebut yaitu religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, dan integritas. Dengan demikian Madin dapat diintegritaskan dengan pembentukan karakter religius siswa.

Namun pengurus Ponpes masih merasa khawatir sebab sekolah-sekolah malah akan menyelenggarakan Madrasah Diniyah dan akan merekrut para ustaz sendiri.

Mendikbud menyakinkan jika sekolah-sekolah menyelenggarakan madin sendiri dan tidak mau berkolaborasi dengan yang sudah ada di lauar sekolah dinilai kurang tepat.

“Itu salah. Sejak awal kita larang sekolah menyelenggarakan madin sendiri. Sekolah harus bekerja sama dengan madin yang ada di sekitarnya. Mengenai bentuk kerja samanya, sedang digodok tim Kemendikbud dengan tim Kemenag,” imbuh Muhadjir.

Program Madin yang sudah berjalan ini bisa menjadi referensi dalam penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply