Orang Tua dan Guru Berperan Ciptakan Sekolah Ramah Anak

Artikel, Pendidikan 0
Guru Berperan Ciptakan Sekolah Ramah Anak

Guru Berperan Ciptakan Sekolah Ramah Anak

Cikancah-Cyber – Masalah bullying yang dilakukan siswa dan siswi SMP di Jakarta dan beberapa daerah lainnya dalam beberapa terakhir ini memperkuat pentingnya segera dibangun sekolah ramah anak sebagai upaya penghapusan kekerasan di sekolah.

Sekolah ramah anak merupakan model sekolah yang memastikan setiap anak secara inklusif berada dalam lingkungan yang aman, nyaman secara fisik, sosial, psikis dan dapat hidup tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai fase perkembangannya. Siswa juga mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Menurut Rita Pranawati, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia(KPAI),seperti yang dimuat Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Jumat 21 Juli 2017, untuk menciptakan sekolah ramah anak, peran orang tua sangat ditunggu.

“Orang tua memiliki tanggung jawab bersama dengan sekolah untuk menjaga anak berproses dalam dunia pendidikan, “tulis Rita.

Selain itu, katanya, sekolah dan orang tua juga bisa bersama-sama menjunjung prinsip-prinsip tanpa kekerasan dan diskriminasi, lebih mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak, memperhatikan kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak dan menghargai pendapat dan partisipasi anak.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini ***

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply