Perbedaan Kalimat Komunikatif, Informatif, dan Lugas

Bahasa 0
Kalimat Komunikatif

Kalimat Komunikatif (Foto: Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Dalam perkembangannya bahasa Indonesia mengenal beberapa ragam kalimat. Kalimat (nomina) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kesatuan ujaran yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan.

Sedangkan secara linguistik, kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa.  Selain kalimat aktif dan kalimat bebas, ada pula ragam kalimat lain diantaranya adalah kalimat komunikatif, kalimat informatif, dan kalimat lugas.

Berikut ini merupakan pengertian kalimat komunikatif, kalimat inforamatif, dan kalimat lugas :

Kalimat Komunikatif

Kalimat komunikatif adalah kalimat yang mudah untuk dipahami oleh lawan bicara. Pilihan kata yang digunakan disesuaikan dengan lawan yang diajak bicara, sehingga proses komunikasi tidak mengalami hambatan.

Kalimat Informatif

Kalimat informatif adalah kalimat yang mengandung nilai-nilai informasi yang dapat memperluas atau menambah wawasan atau pengetahuan orang lain akan sesuatu hal.

Kalimat Lugas

Kalimat lugas adalah kalimat yang mengatakan sesuatu secara jujur atau apa adanya, sehingga maksudnya mudah dipahami dan dimengerti. Kata-kata yang digunakan tidak mengandung suatu kiasan atau pengandaian, melainkan kata-kata sederhana yang maknanya sangat jelas.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply