Pesona Situ Gede Tasikmalaya Tawarkan Keindahan yang Luar Biasa

Lokal, Tempat 0
Pesona Situ Gede Tasikmalaya

Pesona Situ Gede Tasikmalaya (Foto:Screenshot Youtube/uung 9)

Cikancah-Cyber – Situ (Danau) Gede, Tasikmalaya, Jawa Barat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan yang tak kalah dengan tempat lain. Objek wisata ini bisa dikatakan sebagai surga alam yang tersembunyi, sehingga masih belum terlalu banyak diketahui orang keberadaannya.

Situ Gede merupakan danau dengan luas sekitar 47 hektar di Tasikmalaya, Jawa Barat. Objek wisata ini cukup populer karena menawarkan pemandangan indah, suasana tenang dan lokasinya tak jauh dari pusat Kota Tasikmalaya, bisa ditempuh hanya dengan 30 menit.

Di tengah situ terdapat sebuah pulau dengan luas 1 hektar. Di pulau itu ada makam Eyang Prabudilaya, seorang tokoh agama Islam yang disegani oleh masyarakat Tasikmalaya. Tak sedikit wisatawan yang menyeberang ke pulau untuk ziarah ke makam Eyang Prabudilaya.

Saat masuk ke lokasi Situ Gede, mata pengunjung akan langsung dimanjakan oleh pemandangan indah dan suasana sejuk yang terasa karena rimbunnya pepohonan hijau di sekelilingnya. Objek wisata Situ Gede menawarkan keindahan alam yang eksotis. Panorama yang diberikan Situ Gede merupakan panorama alam yang luar biasa.

Pemandangan di Situ Gede akan membuat pengunjung ingin segera menjelajah dan tentu berrfoto ria. Akan sangat disayangkan pemandangan seindah itu kalau tidak diabadikan dalam sebuah foto.

Setelah puas menjelajah spot di darat, pengunjung juga bisa berkeliling situ dengan menggunakan perahu atau rakit. Saat menaiki perahu pengunjung akan melihat pemandangan indah situ sejauh mata memandang. Tentu saja berfoto jangan sampai dilewatkan karena pemandangannya tak kalah indah dengan di darat.

Fasilitas buat pengunjung Situ Gede kini sudah lumayan lengkap. Musala, gazebo, toilet, hingga trek jogging tersedia di sini. Berbagai tempat makan yang menjual menu ikan khas daerah setempat juga ada, jadi wisatawan yang tidak membawa bekal pun bisa makan di sana. Ketika sedang santap makanan akan dihibur oleh alunan lagu sang musisi jalanan yang membawakan berbagai lelaguan, sungguh nikmat rasanya dan bikin betah.

Namun, alangkah menariknya bila di lokasi Situ Gede dibangun tempat penginapan, penyewaan jetsky, restoran yang representatif, kios-kios cinderamata, kawasan outbond, taman bermain, dermaga pemancingan, dan lain-lain.

Sungguh disayangkan, keindahan alami Situ Gede sedikit ternoda akibat ulah tangan-tangan yang tak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan ke dalam situ. Terlihat sedikit kotor yang mengganggu pemandangan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply