Setya Novanto Tersangka Baru Kasus e-KTP

Berita, Kriminal, Nasional 0
Ketua DPR Setya Novanto

Ketua DPR Setya Novanto (Foto: Twitter)

Cikancah-Cyber – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan tersangka baru dalam kasus e-KTP. Ketua DPR RI, Setya Novanto (SN) dijadikan tersangka.

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah KPK mencermati persidangan kasus ini dengan dua terdakwa yaitu Sugiharto dan Irman dan berdasarkan bukti permulaan yang dianggap cukup.

“Setelah mencermati fakta persidangan Irman dan Sugiharto terhadap kasus e-KTP tahun 2011-2012 pada Kemendagri, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan seorang lagi sebagai tersangka. KPK menetapkan SN, anggota DPR sebagai tersangka dengan tujuan menyalahgunakan kewenangan sehingga diduga mengakibatkan Negara rugi Rp 2,3 triliun,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo.

Sudah sejak awal kasus ini masuk ke persidangan, nama Setya Novanto memang disebut jaksa dalam surat dakwaan untuk terdakwa korupsi proyek e-KTP. Setya disebut bersama-sama dengan enam orang lainnya, termasuk dua terdakwa e-KTP.

Dalam surat dakwaan untuk dua terdakwa Sugiharto dan Irman disebutkan Setya Novanto bersama-sama melakukan korupsi dengan Irman dan Sugiharto, terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan proyek e-KTP. Peran Novanto dibeberkan jaksa KPK untuk mendorong fraksi-fraksi di DPR agar mendukung proyek itu.

Atas perbuatannya, Ketua DPR Setya Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply