Tiga Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Dunia ” Apa Kategori Dan Bandara Mana Saja”

Berita, Nasional 0
Tiga Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Dunia " Apa Kategori Dan Bandara Mana Saja"

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan

Cikancah-Cyber – Tiga Bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports masuk kedalam 10 Besar Dunia berdasarkan penilaian dari Airport Service Quality (ASQ). Peringkat tersebut berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang triwulan II 2017 yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI).

Bandara yang masuk 10 besar dunia itu adalah  Bandara Internasional Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Bagi Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan berada pada  peringkat pertama (tertinggi) dari total 85 Bandara di dunia yang disurvei pada triwulan II pada kategori penumpang 5 – 15 juta orang per tahun.

Posisi Bandara SAMS Sepinggan meningkat dari posisi triwulan I 2017 yang sebelumnya menduduki peringkat 3. Sementara itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat 2 pada triwulan II 2017 dari total 37 bandara dengan kategori jumlah penumpang 15 – 25 juta penumpang per tahunnya. Sebelumnya, pada triwulan I 2017, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat 3.

Dalam setahun  pihak ACI melakukan survei sebanyak empat kali pada empat triwulan di mana hasil peringkat tiap triwulan akan diakumulasikan untuk menjadi peringkat tahunan dalam berbagai kategori. Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian kepuasan penumpang terhadap layanan bandara di lebih dari 250 bandara di dunia. Metodologi ilmiah, prosedur quality control yang ketat, serta komitmen untuk tidak berpihak dalam setiap penilaian survei ASQ ini menjadikannya sebagai standar untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara

Semoga kedepannya seluruh bandara di Indonesia dapat memberikan service atau pelayanan yang terus semakin membaik sehingga nantinya lebih banyak lagi bandara di Indonesia bukan hanya nominasi tetapi bisa menjadi yang terbaik dari segi pelayanan dan fasilitasnya. Selamat untuk tiga bandara diatas dan semoga menjadi inspirasi bagi bandara-bandara lainnya di Indonesia.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply