Beberapa Fakta Unik Tentang Bulan Agustus

Artikel, Unik & Aneh 0
Keunikan yang ada pada bulan Agustus

Keunikan yang ada pada bulan Agustus (Foto: Pixabay)

Cikancah-Cyber – Agustus merupakan salah satu bulan yang paling istimewa, setidaknya bagi bangsa Indonesia. Bulan ini merupakan bulan keramat yang paling ditunggu-tunggu dalam setiap tahunnya. Karena pada bulan ini Indonesia menyatakan dirinya merdeka dari penjajahan.

Menurut Wikipedia, Agustus adalah bulan kedelapan dalam satu tahun Kalender Gregorian. Asal usul kata ini dalam bahasa Indonesia tidaklah begitu jelas, tetapi kemungkinan besar diambil dari bahasa  Portugis  “Agosto” yang dipengaruhi oleh bahasa Belanda “Augustus“.

Kedua nama tersebut merujuk kepada Kaisar Romawi, Octavianus Augustus. Sebelumnya, bulan ini disebut Sextilis yang berarti keenam dalam bahasa Latin.

Agustus adalah satu dari tujuh bulan lain yang memiliki 31 hari. Pada tahun biasa, tidak ada bulan lain yang dimulai pada hari dalam minggu yang sama seperti pada bulan Agustus walaupun pada tahun kabisat, bulan Februari dimulai pada hari yang sama. Bulan Agustus berakhir pada hari yang sama dengan bulan November setiap tahunnya.

Bulan Agustus memiliki keistimewaan dan berbeda daripada bulan-bulan lain. Keistimewaan itu merupakn fakta yang unik tentang bulan Agustus. Berikut keunikannya :

  • Bulan Agustus diambil dari nama kaisar Romawi, Augustus Caesar. Dalam bahasa Latin, August berarti keberuntungan atau terhormat.
  • Bulan Agustus ini dikenal dengan sebutan Sextilis, merupakan bulan keenam dari sepuluh bulan dalam kalender Romawi, yang dimulai dengan bulan Maret.
  • Negara-negara kepulauan yang terletak di Eropa atau Anglo-Saxon, menyebut bulan ini dengan sebutan “Weodmonath” yang berarti “rumput bulan”.
  • Bulan Agustus adalah bulan yang memiliki angka kelahiran tertinggi di Amerika; Sedangkan di Inggris pada bulan September.
  • Di Swedia dimulai pada hari Kamis kedua pada bulan Agustus, secara tradisional merupakan musim untuk makan lobster.
  • Di Amerikan Bulan Agustus di waspadai sebagai Bulan Kerontokan Rambut Nasional (National Hair Loss Awareness Month).
  • Tanggal 1 Agustus diperingati sebagai hari Yorkshire Day dan Hari Scarf Pramuka Sedunia.
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply