Beberapa Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Kesehatan 0
Air Kelapa Muda

Air Kelapa Muda (Foto: Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Buah yang satu ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Ya, buah itu tiada lain dan tiada bukan yakni buah kelapa. Buah kelapa terutama airnya telah lama menjadi minuman yang populer, terutama di negara beriklim tropis. Apalagi kalau diminum  saat siang hari.

Menurut wikipedia, air kalapa adalah cairan yang berada kelapa hijau muda. Dalam 100 ml, tersedia 19 kalori. Air kelapa terdiri dari 95% air dan 4% karbohidrat, dengan protein dan lemak konten di bawah 1%. Air kelapa mengandung mineral dan dan vitamin dengan jumlah yang dignifikan rata-rata di bawah angka 10% dari nilai kebutuhan gizi harian.

Selain itu air kelapa mengandung antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C dan beberapa mineral lainnya seperti besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan, dan seng.

Menurut penelitian, mikronutrien dalam air kelapa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa juga mengandung hormon tanaman yang disebut sitokinin yang kaya akan anti-penuaan, anti-trombotik dan anti-kanker.

Air kelapa dapat dikonsumsi saat perut kosong. Dengan cara ini, air kelapa memberi lebih banyak kekuatan pada sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan minum air kelapa setiap hari, seperti yang dilansir dari laman Boldsky :

Menghilangkan Rasa Haus

Air kelapa mengandung komposisi elektrolitik yang bisa menghidrasi kembali tubuh. Air kelapa juga membantu dalam kasus dehidrasi dan kehilangan cairan akibat diare, muntah dan keringat berlebih. Air kelapa merupakan minuman yang dianggap paling baik mengatasi rasa haus.

Menurunkan Tingkat Tekanan Darah

Karena air kelapa mengandung vitamin C, potasium dan magnesium bisa membantu mengendalikan kadar tekanan darah tinggi. Kalium membantu menyeimbangkan efek negatif natrium dan membantu menurunkan kadar tekanan darah. Namun, bagi yang cenderung memiliki tekanan darah rendah perlu bijak dalam mengonsumsi air kelapa.

Membantu Menjaga Berat Badan

Jika ingin menurunkan berat badan maka minumlah air kelapa. Karena air kelapa mengandung kalori rendah dan mudah masuk ke perut. Minuman ini mengandung enzim bioaktif yang membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme lemak dan membantu menurunkan berat badan.

Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala dan migrain sebenarnya dipicu oleh dehidrasi. Air kelapa akan sangat membantu dalam memasok elektrolit ke tubuh dan untuk meningkatkan hidrasi. Karena kaya magnesium, air kelapa membantu menyingkirkan sakit kepala terkait migrain. Inilah salah satu manfaat minum air kelapa setiap hari.

Demikian semoga bermanfaat, pilihlah air kelapa yang segar dan murni agar bermanfaat untuk kesehatan secara maksimal.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply