Cara Mudah dan Praktis Atasi Laptop yang Basah Kena Air

Artikel 0
Cara Mengatasi Laptop Terkena Air

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air (Foto: Ilustrasi Pixabay)

Cikancah-Cyber – Dahulu laptop masih dianggap barang yang mewah, karena memang pada masa itu laptop masih jarang dimiliki oleh seseorang. Laptop di indonesia untuk masa sekarang memang sudah menjadi hal yang umum, karena laptop diperlukan dan bukan sekedar diinginkan.

Jika laptop itu sudah diperlukan alias dibutuhkan dan juga dinginkan maka sudah jelas bahwa laptop tersebut mempunyai banyak manfaat.

Laptop merupakan salah satu barang elekronik, yang di dalamnya banyak komponen laptop yang tidak tahan terhadap air. Makanya sangat bahaya kalau laptop terkena air bisa mengakibatkan korsleting.

Korsleting pada komponen laptop bisa memicu kerusakan parah pada laptop tersebut. Namun hal ini bisa dicegah jika bisa segera mengeringkannya. Dilansir dari liputan6.com, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan jika laptop terkena air. Berikut langkah-langkahnya :

Matikan Laptop

Untuk mencegah air yang masuk ke laptop berinteraksi dengan komponen di dalamnya dan menyebabkan korsleting, segera matikan laptop jika terkena air. Atau cabut baterai laptop tersebut. Dengan begitu arus listrik yang berinteraksi dengan air di dalam laptop tidak akan memicu kerusakan komponen.

Keringkan Laptop

Untuk mengeluarkan air yang masuk ke laptop, balik permukaan laptop. Dengan bagitu air bisa merembes keluar dari dalam laptop lewat celah-celah yang ada di laptop. Tips mengeringkan laptop ini bisa dicoba jika laptop tidak tersiram air kopi atau soda.

Jika bagian baterai dan tempat baterai laptop juga ikut terkena air, segera keringkan bagiannya menggunakan lap lembut. Bagian kutub positif dan negatif tempat baterai yang berwarna kuning sangat sensitif. Jadi keringkan dengan hati-hati, jangan sampai merusaknya. Diamkan laptop kurang lebih selama 10 jam untuk proses pengeringan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply