Gerhana Bulan Parsial Akan Terlihat di Langit Indonesia

Berita, Nasional 0
Gerhana bulan parsial akan terjadi di Indonesia pada Senin, 7 Agustus 2017

Gerhana bulan parsial akan terjadi di Indonesia pada Senin, 7 Agustus 2017 (Foto: BMKG)

Cikancah-Cyber – Bulan Agustus tahun ini, fenomena alam langka akan terjadi di langit Indonesia. Tepatnya tanggal 7 Agustus 2017, akan terjadi gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian.

Menurut Badan Meteorologi Klimantologi dan Geofisika (BMKG),  gerhana tersebut bakal bisa dilihat dan diamati dari Indonesia tepatnya pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 22.50 WIB dan puncaknya akan terjadi pada pukul 01.20, 8 Agustus mendatang.

Indonesia menjadi salah satu tempat yang terbaik untuk mengamati fenomena langka itu. Peristiwa gerhana bulan parsial ini cukup aman jika dilihat dengan hanya menggunakan mata telanjang tanpa mesti menggunakan alat bantu seperti teleskop. Dengan catatan, cuaca dan langit cerah saat terjadi gerhana bulan parsial tersebut.

Selain di Indonesia, gerhana bulan parsial ini dapat pula dinikmati di sebagian negara Afrika, Eropa, Seluruh Asia, Australia dan negara-negara Oceania.

Sekedar informasi, gerhana bulan merupakan persitiwa alam ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

BMKG memprediksi pada tahun 2017 ini terjadi empat kali gerhana, yaitu :

  1. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 11 Februari 2017 yang dapat diamati dari Indonesia bagian Barat,
  2. Gerhana Matahari Cincin (GMC) 26 Februari 2017 yang tidak dapat diamati dari Indonesia,
  3. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 7 – 8 Agustus 2017 yang dapat diamati dari Indonesia,
  4. Gerhana Matahari Total (GMT) 21 Agustus 2017 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply