Google Rayakan Ulang Tahun James Wong Howe

Teknologi 0
Hari ulang tahun ke-118 James Wong Howe

Hari ulang tahun ke-118 James Wong Howe (Foto: Google Doodle)

Cikancah-Cyber – Hari ini, Senin 28 Agustus merupakan hari ulang tahun ke 118 James Wong Howe, seorang fotografer Cina Amerika Serikat yang terkenal dengan teknik pembuatan filmnya yang inovatif meskipun mengalami kesulitan rasial. Google memperingatinya secara khusus lewat gambar doodle sederhana berwarna hitam putih untuk merayakannya.

Lahir di Guangzhou, China, Howe berimigrasi ke A.S. saat ia berusia lima tahun dan dibesarkan di negara bagian Washington. Dia bekerja keras secara profesional untuk berhasil di masa remajanya, bekerja serabutan, lalu akhirnya memulai profesinalitasnya di industri film. Dengan mengantarkan film dan memunguti potongan-potongan dari lantai kamar pemotongan studio.

Sepanjang karirnya, ia menggunakan pencahayaan, pembingkaian, dan gerakan kamera minimal untuk mengekspresikan emosi. Dia secara tidak sengaja menemukan cara menggunakan latar belakang gelap untuk menciptakan nuansa warna dalam film hitam-putih.

Ia mempelopori penggunaan lensa wide-angle, low key lighting, dan pencahayaan warna. Howe juga memanfaatkan awal kepiting dolly, dolly kamera dengan empat roda dan lengan bergerak yang mendukung kamera.

Berbeda dengan keberhasilan kehidupan kariernya, Howe pernah menghadapi diskriminasi rasial dalam kehidupan pribadinya. Dia menjadi warga negara AS hanya setelah pencabutan Undang-undang Pengecualian Cina. Karena undang-undang anti miscegenation law (undang-undang perkawinan antara suku atau bangsa), pernikahannya tidak diakui secara hukum di AS sampai 1948.

Meski banyak hambatan yang dihadapinya, Howe pensiun dengan dua penghargaan Oscar utnuk film The Rose Tattoo (1955) dan Hud (1963). Howe merupakan salah satu cinematographer paling terkenal di masanya. Selamat Ulang Tahun, James Wong Howe!

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply