Inayah Ungkap Keterlibatan Andi Narogong di Proyek e-KTP

Berita, Nasional 0
 Inayah, istri siri Andi Agustinus alias Andi Narogong,

Inayah, istri siri Andi Agustinus alias Andi Narogong (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber- Inayah, istri siri Andi Agustinus alias Andi Narogong, mengungkapkan keterlibatan saminya dalam proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik atau e-KTP.

Menurut Inayah, suaminya, Andi kerap melakukan pertemuan dengan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto meski perusahaannya tak menjadi pemenang lelang.

Andi memiliki belasan aset yang waktu perolehannya bersamaan dengan proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Andi diketahui memiliki memiliki 18 aset yang sebagian besar dalam bentuk tanah dan bangunan. Selain itu juga memiliki satu unit mobil Range Rover, satu unit mobil Toyota Alphard.

Selain itu, Inayah juga mengugap sejumlah bisnis suaminya di bidang garmen karoseri, SPBE, hingga properti. Namun ia tak tahu rinci kepengurusan Andi dalam berbagai perusahaan itu.

Sedangkan usaha yang dikelola Inayah adalah bidang pengadaan logistik TNI AD dan Polri dan salon kecantikan.

“Pekerjaan suami itu swasta di bidang garmen, karoseri, SPBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji) serta properti,” kata Inayah dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Inayah bersaksi untuk Andi Narogong yang didakwa mendapatkan keuntungan 1,499 juta dolar AS dan Rp1 miliar dalam proyek pengadaan KTP-Elektronik (KTP-E) yang seluruhnya merugikan keuangan negara senilai Rp2,3 triliun.

Inayah mengaku menikah dengan Andi sejak tahun 2005 dan sejak itu keduanya tinggal serumah di Tebet, Jakarta Selatan. Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK mengatakan bahwa pernikahan keduanya tidak tercatat.

Dalam kasus ini, Andi Narogong didakwa telah merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun dalam proyek e-KTP.

Menurut jaksa, Andi diduga terlibat dalam pemberian suap terkait proses penganggaran proyek e-KTP di DPR RI, untuk tahun anggaran 2011-2013. Andi juga berperan dalam mengarahkan dan memenangkan Konsorsium PNRI menjadi pelaksana proyek pengadaan e-KTP.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply