Ini Asal Usul ‘Eta Terangkanlah’ yang Sebenarnya

Unik & Aneh 0
Eta Terangkanlah

Eta Terangkanlah (Foto: Screenshot YouTube)

Cikancah-Cyber – Fenomena frasa ‘Eta Terangkanlah’ tengah ramai di media sosial. Banyak sekali netizen yang berkomentar dengan menggunakan kata tersebut di sosial media seperti Instagram, Twitter ataupun YouTube.

Masih banyak orang yang bingung mengenai arti dan asal usul dari ‘Eta Terangkanlah’.  Sebenarnya, lagu parodi tersebut ini berasal dari lirik lagu religi dengan penyanyi Opick yang berjudul ‘Khusnul Khotimah’.

Kemudian lagu tersebut ditambahkan kata ‘eta’ sebagai awalan. Dalam lagu ‘Khusnul Khotimah’ tersebut, lirik sebenarnya seperti ini :

Terangkanlah.. terangkanlah..

jiwa yang berkabut langkah penuh dosa

bila masa tlah tiada

kereta kencana datang tiba-tiba.”

Dalam video parodi yang viral itu, liriknya diubah menjadi seperti ini :

“Hiji dua hiji dua tilu

Eta terangkanlah… Eta terangkanlaahhh…

Eta jiwa yang berkabut

Eta yang penuh dosa

Ampunilah… ampunilaaah…Ampunilah zikiri dosa mas Tono.”

Kata ‘eta’ sendiri merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti ‘itu’. Selain penambahan kata ‘eta’, penyanyi dari musik parodi tersebut juga terdengar menghitung dengan menggunakan bahasa Sunda sebelum mulai bernyanyi.

Parodi ‘Eta Terangkanlah’ ini pertama kali viral gara-gara video seorang pria yang tengah berjoget sendirian. Video tersebut diposting melalui channel Youtube The Bokers Gaming pada tanggal 11 Juni 2017 lalu.

Uniknya, mereka menyanyikan lagu tersebut dengan cara Acapela di mana satu orang menyanyikan lagu, sementara yang lain menciptakan suara alat musik pukul dengan mulut.

Awalnya, belum diketahui siapa pencipta dan penyanyi dari lagu tersebut. Namun setelah ditelusuri, parodi ‘Eta Terangkanlah’ merupakan hasil kreativitas dari seorang selebgram bernama Anggara Z. Harahap.

Setelah video parodi tersebut viral, barulah makin banyak versi parodi ‘Eta Terangkanlah’ yang dibagikan di media social dengan versi dan kreatifitasnya masing-masing.

Berikut video parodi Eta Terangkanlah :

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply