Inilah Arti Saracen dan Asal-Usul Saracen

Artikel 0

Pengertian Saracen (Foto: Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Saracen merupakan grup di Facebook yang sering menyebarkan konten-konten bernuansa hate speech dan SARA. Sindikat yang tergabung dalam grup Saracen selalu mengunggah konten ujaran kebencian dan berbau SARA berdasarkan pesanan.

Secara etimologi Saracen berasal dari bahasa Yunani yaitu Σαρακηνός, yang diduga berasal dari bahasa Arab syarqiyyin (“orang-orang timur”), namun dugaan ini tidak memilik dasar yang kuat.

Menurut Wikipedia, Saracen adalah istilah yang digunakan oleh orang Kristen Eropa terutama pada Abad Pertengahan untuk merujuk kepada orang yang memeluk Islam tanpa memperdulikan ras atau sukunya.

Dalam Ensiklopedia Britannica, Saracen merupakan sebutan bagi muslim, baik orang Arab maupun Turki yang tinggal di Semenanjung Sinai. Istilah Saracen kemudian digunakan untuk menyebut semua orang Arab pada abad-abad berikutnya.

Setelah pembentukan kekhalifahan, Bizantium menyebut semua orang muslim khalifah sebagai orang Saracen. Melalui Bizantium dan tentara salib, nama tersebut menyebar ke Eropa barat dan bertahan sampai zaman modern.

Sedangkan menurut  Defender of Jerusalem, orang Saracen yang disebut sebagai musuh tentara salib, bukan hanya terdiri dari orang Arab dan Turki. Karakteristik yang paling menonjol namun sering terlupakan dari tentara Saracen adalah keragaman etnis mereka. Istilah Saracen berarti orang Timur dan secara kolektif menunjuk lawan-lawan muslim dari tentara salib.

Berbeda dengan John V. Tolan, dalam bukunya berjudul Saracen: Islam in The Medieval European Imagination, menulis, potret abad pertengahan menunjukkan orang Saracen adalah mereka yang menyembah berhala dan mengorbankan diri untuk setan. Dalam teks berbahasa Latin, Saracen disebut sebagai orang-orang kafir.

Tidak ada catatan terkini yang sahih soal orang Saracen. Catatan terkini soal Saracen ditemukan abad 20, ditulis oleh penulis-penulis Eropa. Mereka menyebut Saracen adalah orang-orang yang bersenjata lengkap, menyukai batu dan logam mulia, dan menyembah setan yang menurut Saracen, memberi mereka kekuatan.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply