Inilah Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Artikel 0
Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah (Foto: Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Salah satu bulan istimewa menurut penanggalan islam adalah bulan Dzulhijjah. Pada bulan tersebut diwajibkan menunaikan ibadah haji bagi umat islam yang mampu. Selain itu, ada pula anjuran bagi umat islam untuk melaksanakan amalan puasa sunnah yang akan mendapatkan pahala yang berlipat.

Puasa sunnah pada bulan Dzulhijjah yaitu puasa Tarwiyah dan puasa sunnah arafah. Maksud dari puasa sunnah tersebut agar dapat turut merasakan nikmatnya ibadah seperti halnya yang dirasakan para jamaah yang sedang menjalankan ibadah haji.

Puasa sunnah Tarwiyah adalah ibadah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah, yakni 8 Dzulhijjah hari sebelum hari wukuf. Sedang puasa sunnah Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yakni hari disaat jamaah haji sedang melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Namun, hukumnya haram bagi jamaah haji sendiri melakukan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Dikutip dari harian terbit.com, sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW, ada beberapa keutamaan puasa sunah Tarwiyah (8 Dzulhijjah) dan Arafah (9 Dzulhijjah) bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji, diantaranya :

  • Barang siapa yang menjalankan Puasa Tarwiyah akan dihapus dosa satu tahun silam yang telah terlewati.
  • Sedangkan yang berpuasa di hari arafah akan dihapus dosa dua tahun (1 tahun lalu dan 1 tahun yang akan datang).
  • Dan yang melaksanakan dua puasa ini akan dianugrahi oleh Allah SWT dengan 10 macam kemuliaan, yaitu: Allah akan memberi keberkahan pada umumnya; Allah akan menambah harta; Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya; Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu; Allah akan melipatgandakan amal dan ibadahnya; Allah akan memudahkan kematiannya; Allah akan menerangi kuburnya selama di alam Barzah; Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar; Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia ini; Allah akan menaikkan martabatnya di sisi Allah SWT.

Oleh karena itu sebagai umat muslim, mari perbanyak amalan sunnah di bulan Dzulhijjah ini terutama amalah puasa sunnah agar mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply