Jutaan Orang Amerika Saksikan Gerhana Matahari Total yang Langka

Berita, Internasional 0
Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total (Foto: BBC)

Cikancah-Cyber – Tepatnya tanggal 21 Agustus 2017 fenomena alam langka terjadi, yakni gerhana matahari total menghampiri Amerika Serikat. Setelah hampir 100 tahun tidak pernah terjadi di Negeri Paman San itu.

Fenomena alam itu pun disambut oleh semua warga Amerika Serikat tanpa kecuali. Jutaan orang di Amerika menyaksikan gerhana matahari langka yang menggelapi langit mulai dari Samudera Pasifik hingga Atlantik. Suhu udara di Oregon turun secara signifikan saat bulan bergerak menutupi matahari.

Dilansir dari VOA Indonesia, diperkirakan 200 juta orang hari Senin berada di jalur gerhana yang berlangsung satu hari, membentang dari Oregon di Pantai Pasifik, melintasi jantung Amerika, sampai ke South Carolina di Pantai Atlantik.

Setiap sudut kota sepanjang jalur yang dilewati gerhana dibanjir pengunjung yang membawa teleskop, kamera, dan kaca mata khusus untuk menyaksikan fenomena yang diperkirakan Badan Antariksa Amerika menjadi gerhana yang paling banyak diamati dan diabadikan dalam sejarah.

Salah satu tempat yang pertama dilewati gerhana matahari kali ini adalah  negara bagian Oregon tepatnya di kota Madras pukul 10.16 pagi waktu Pasifik dan yang terakhir, Charleston, South Carolina, pukul 2:48 siang waktu pantai timur Amerika, ribuan orang berkumpul di sana untuk menyaksikan gerhana matahari total tersebut.

Gerhana matahari total itu berlangsung paling lama di dekat Carbondale, Illinois, selama 2 menit dan 44 detik. Ratusan orang antre di luar museum untuk menggunakan teleskop melihat gerhana sebagian di negara bagian Washington.

Amerika Serikat baru akan mengalami gerhana matahari total kembali dalam tujuh tahun mendatang. Tahun depan akan terjadi gerhana matahari total yang dapat disaksikan dari Pasifik Selatan, Chile, dan Argentina.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply