Kemendikbud Siapkan Surat Edaran Lagu “Indonesia Raya” Dinyanyikan 3 Stanza

Berita, Pendidikan 0
Surat Edaran Lagu "Indonesia Raya" Dinyanyikan 3 Stanza

Surat Edaran Lagu “Indonesia Raya” Dinyanyikan 3 Stanza (Foto: Ilustrasi)

Cikancah-Cyber РMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan menerbitkan surat edaran ke seluruh sekolah. Surat edaran tersebut meminta agar lagu Indonesia Raya dinyanyikan secara utuh, yakni 3 stanza, ketika dilaksanakan upacara.

Walau lagu Indonesia Raya tiga stanza menuai beragam pendapat, namun Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy, mengaku akan tetap mewajibkan lagu Indonesia Raya berdurasi sekitar 3,5 menit itu.

Menurut Mendikbud Muhadjir, pada awalnya, lagu Indonesia Raya dinyanyikan 3 stanza. Kemudian, keluar Keputusan Presiden (Keppres) yang menyatakan bahwa lagu Indonesia Raya dinyanyikan 1 stanza.

“Saya tidak tahu itu kenapa bisa jadi 1 stanza. Itu memang secara resmi, saya tidak tahu keppresnya tetap masih dipertahankan 1 stanza. Kemendikbud buat kebijakan lagu Indonesia Raya di sekolah kita wajibkan tiga stanza, sebentar lagi akan ada edaran,” kata Muhadjir.

Menurutnya, ada efek rasa semangat berbeda yang mendasar antara lagu Indonesia Raya satu dan tiga stanza. Mendikbud mengibaratkan, dalam hasil foto, tentu akan berbeda antara foto selfie dengan foto utuh.

“Semangatnya juga beda, satu stanza itu ibaratnya cuma foto setengah badan, tapi kalau foto penuh sehingga kita tahu persis secara utuh,” pungkasnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply