Lima Kecamatan Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Sinabung

Berita, Nasional 0
Gunung Sinabung erupsi kembali

Gunung Sinabung erupsi kembali (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Gunung Sinabung kembali erupsi. Akibat semburan dan erupsi Gunung Sinabung tersebut lima kecamatan yang ada di seputan gunung terpapar abu vulkanik.

Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, lima Kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara diselimuti abu vulkanik. Hal itu terjadi akibat erupsi disertai luncuran awan panas dari Gunung Sinabung, Rabu kemarin, 2 Agustus 2017.

Lima Kecamatan itu yakni Kecamatan Payung,Kecamatan Simpang empat, Kecamatan Naman teran, Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kabanjahe.

Setelah terjadinya erupsi, BPBD Karo bersama Pemadam Kebakaran Kabupaten Karo melakukan pembersihan abu vulkanik di lima kecamatan tersebut dengan melakukan penyiraman atau pembersihan seperti di rumah warga, lahan pertanian, sekolah dan fasilitas umum lainnya.

Selain itu dibagikan ribuan masker kepada warga. Jumlah yang dibagikan sekitar 2000 masker. Masker dibagikan di beberapa titik di Kota Kabanjahe dan sekolah sekolah, Desa Simpang empat desa Tiganderket, Desa Payung. Di tempat lainnya kita koordinasikan ke Puskesmas- Puskesmas yang berada di desa untuk ikut menyuplai kebutuhan masker kepada warga di masing masing wilayahnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten, Karo, Natanail Perangin-angin, mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar zona merah yang sudah ditetapkan dari 7 kilometer dari kaki Gunung Sinabung. Pasalnya, Sinabung sewaktu-waktu bisa kembali erupsi.

Menurut catatan Tim Tanggap Darurat Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, telah terjadi luncuran awan panas sebanyak 19 kali, Rabu kemarin, 2 Agustus 2017.

Selain itu, tercatat ketinggian awan panas dengan tertinggi 4,5 kilomoter. Kemudian, abu vulkanik tertinggi 4,2 kilometer. Dengan Arah guguran awan panas ke Tenggara-Timur, ke arah Sigarang Garang, Sukanalu dan Gamber.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply