Mendikbud Sosialisasikan Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Kepada Pelajar

Berita, Pendidikan 0
Mendikbud Muhadjir Effendy

Mendikbud Muhadjir Effendy (Foto: Dok.Cikancah-Cyber)

Cikancah-Cyber – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effedy melakukan sosialisasi lagu Indonesia Raya versi tiga stanza di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis 31/8/2017.

Dalam kegiatan tersebut Mendikbud bersama dengan para siswa dan guru menyanyikan secara lengkap lagu kebangsaan Indonesia tersebut.

“Lagu Indonesia Raya tiga stanza ini merupakan lagu asli yang dibuat WR Supratman yang nantinya wajib dinyanyikan saat upacara bendera di setiap sekolah,”¬†ujar Muhadjir.

Lagu Indonesia Raya tiga stanza perlu dihapal oleh setiap warga Indonesia. Maka dari itu sosialisasi terus digenjot kepada para pelajar mulai dari Sekolah Dasar (SD). Diakuinya, syair lagu tersebut memang panjang dan pasti masih banyak yang belum hapal.

Namun demikian, sebelum memberlakukan kebijakan tersebut ia tetap meminta masukan dari setiap sekolah. Sebab jika dilaksanakan saat upacara bendera durasinya bisa mencapai tujuh menit, sehingga nantinya lagu tersebut dibarengkan saat pengibaran bendera atau saat hormat bendera saja.

Kebijakan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan karena dalam lagu tersebut ada prolog, isi dan epilog. Bahkan jika melihat lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza ini mempunyai makna yang dalam.

Oleh karena itu, Muhadjir mengatakan pelajar rencananya diwajibkan untuk menguasai lagu Indonesia Raya tiga stanza. Ia pun meminta para guru untuk menguasai lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Menurut Muhadjir, sesuai amanat presiden pendidikan dasar SD dan SMP harus diperkuat pendidikan karakter. Ada lima pendidikan karakter yakni religius keagamaan, nasionalisme, kemandirian, integritas terutama kejujuran, dan gotongroyong dalam yang akan dimasukkan kurilulum SD dan SMP.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply